MENU
icon label
image label
blacklogo

Katalis EV.500 Motor Listrik Retro Karya Anak Bangsa

APR 14, 2020@14:00 WIB | 136 Views

Mengikuti tren saat ini di mana kendaraan bermotor listrik mulai digandrungi oleh masyarakat, akhirnya motor listrik karya anak bangsa, Katalis EV.500 resmi dirilis. Katalis EV.500 merupakan hasil karya dari Katalis Company yang bermarkas di Fatmawati, Jakarta Selatan.

Awalnya motor listrik bergaya retro ini akan meluncur di event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020. Namun akibat dari adanya wabah pandemi virus COVID-19 akhirnya event itu ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat dari Katalis Company untuk meluncurkan motor listriknya. Akhirnya Studio Desain Katalis Company meluncurkan sepeda motor listriknya yg diberi nama EV.500 di media sosial Instagram IIMS_id.

“Bersamaan dengan kompetisi modifikasi motor listrik dari Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, kami meluncurkan karya modifikasi bertajuk Katalis EV.500. Motor ini mengambil landasan desain dari pesawat tempur khas Perang Dunia ke-2,” ucap Principal Designer Katalis Company, Julian Palapa.

Motor listrik ini menggunakan basis dari motor listrik Selis Garuda. Untuk mengerjakan proyek motor listrik ini, Katalis Company dibantu oleh Garuda Motorsport Cibubur dan Frontwheel MC bogor untuk proses modifikasi dan kustomisasi.

Lanjut ke proses modifikasinya, motor ini mengusung desain ala pesawat tempur di zaman perang dunia ke-2. Katalis Company menggunakan material alumumium 6061 untuk bagian rangka dan swing arm.

"Kami rasa cukup langka ada desain motor listrik yang body atau shield-nya menggunakan bahan metal," ungkap Julian.

Untuk memperkuat desain retro dari EV.500 ini, Katalis Company memasang voltmerer analog di sebelah kanan kemudi dan saklar lampu di sebelah kiri.

Motor ini memiliki pajang 1.650 mm, lebar 180 mm dengan ground clearance 210 mm. Untuk bergerak, Katalis EV.500 dibekali velg 14 inci dan ban 18” x 2.50. Motor ini diklaim bisa mengangkut beban hingga 150 kg.

Pada bagian penggerak, motor ini tetap menggunakan motor Selis tipe Garuda. Motor berkekuatan 500 Watt ini bisa mencapai kecepatan maksimal 40 km/jam dan Jarak tempuh bisa mencapai 40 km. Semua ini didapatkan dari baterai 48 Volt 12 Ah. Yang sudah mendukung fitur Bult-in fast charging.

Motor ini rencananya akan segera dilelang setelah peluncurannya. “Berminat membeli motor ini, silakan hubungi Katalis melalui email atau Instagram,” tutup Joseph. [Rid/Asl/timBX]

Tags :

#
katalis ev.500,
#
motor listrik retro,
#
katalis company,
#
iims 2020