MENU
icon label
image label
blacklogo

Karya Seni Nissan dan Infiniti Melalui Prototipe 9

AUG 20, 2017@11:00 WIB | 423 Views

Nissan Motor Corporation dan merek otomotif premium INFINITI telah meluncurkan prototip retro-roadster beroda ramping dan terbuka di Concierge d'Elegance Pebble Beach Pebble. Mobil yang disebut Prototype 9 itu, merupakan simbol kepiawaian Nissan dan INFINITI soal seni dan pengerjaannya. Ini merupakan reinkarnasi mobil balap tahun 1940-an dengan teknik produksi hand-made yang digunakan untuk mewujudkan desain retro-nya.

Mobil ini ditenagai oleh mesin prototipe listrik dan baterai dari Nissan’s Advanced Powertrain Department. Sektor ini sengaja dibuat begitu canggih dan kontras dengan bahan dan teknik pembuatannya yang tradisional untuk membuat Prototipe 9, termasuk panel yang ditempa dengan tangan oleh tim pengrajin master Takumi - Nissan Motor Corporation.

Mesin ini menghasilkan torsi 120 kW (148 hp) dan torsi 320 Nm yang bisa menggerakkan roda belakang, melalui transmisi satu kecepatan. Prototipe 9 memiliki kecepatan tertinggi 170 kph dan kemampuan sprint dari 0 sampai 100 kph dalam 5,5 detik, dengan rentang daya jelajah EV maksimum 20 menit ketika dipacu penuh.

Prototipe 9 juga terinspirasi oleh dunia motorsport Jepang era baru. R380 yang dibuat khusus oleh Prince, juga melakukan debut publiknya di Concours d'Elegance 2017, memecahkan beberapa rekor kecepatan pada tahun 1965 sebelum meraih juara umum di Grand Prix Jepang 1966 di Fuji Speedway. Prince Motor Company dianggap sebagai builder mobil premium asal Jepang, dan warisannya bisa dilihat hingga ke model-model INFINITI Motor Company terdahulu dan model saat ini. R380 yang nanti tampil di Pebble Beach adalah mobil pemenang Grand Prix Jepang yang asli, yang diyakini satu-satunya R380 yang masih ada.

Dibentuk di atas lembaran plat logam polos, Prototipe 9 adalah hasil konstruksi berjam-jam yang mebutuhkan tingkat kehati-hatian tinggi. Jauh berbeda dari jalur produksi, proyek yang mebutuhkan jam kerja panjang ini memerlukan metode pembuatan teknik yang lebih namun lebih tradisional.

Bentuk bodi yang menakjubkan dari panel bodi baja melilit dari sebuah bingkai baja. Lalu panel-panel itu ditempa oleh Takumi. Untuk Prototipe 9, bentuk panel menggabungkan elemen desain INFINITI, seperti kisi-kisi lengkung ganda, 'insang hiu' di belakang roda depan, tutup bagasi lipatan tunggal, dan garis detil tajam yang membentang dari depan ke belakang. [bil/timBX]

Tags :

#
nissan,
#
infiniti,
#
blackauto,
#
autonews