MENU
icon label
image label
blacklogo

Karena Recall Street 750 dan Street Rod, Jualan Harley-Davidson Jadi Jeblok

APR 12, 2019@20:00 WIB | 1,806 Views

Di awal tahun ini, Harley-Davidson melakukan recall terhadap Street 750 dan Street Rod rakitan 2015-2018 karena adanya masalah di sektor pengereman pada kedua motor tersebut. Terhitung ada sekitar 44 ribu unit Harley-Davidson Street 750 dan Street Rod di seluruh dunia yang terkena recall.

Harley-Davidson melakukan recall terhadap produk Street series karena piston kaliper rem kedua motor tersebut rawan karatan. Jika berkarat, maka brake pad akan melawan cengkeraman cakram saat dilakukan pengereman. Singkat kata, jarak pengereman jadi lebih jauh, dan resiko celaka juga semakin tinggi.

Tindakan recall yang dilakukan oleh Harley-Davidson ternyata langsung memberi pengaruh besar terhadap penjualannya. Setelah me-recall Street 750 dan Street Rod, pada Februari 2019, kedua motor tersebut sama sekali tidak mencatatkan angka penjualan, atau dengan kata lain tidak ada yang membelinya.

Tidak disebutkan seberapa besar penurunan penjualan keseluruhan Harley-Davidson setelah mereka melakukan recall terhadap Street 750 dan Street Rod. Tapi yang jelas, setelah melakukan recall, angka penjualan Harley-Davidson jadi menurun drastis. Ini dikarenakan Street 750 dan Street Rod merupakan dua model yang menjadi ujung tombak penjualan Harley-Davidson di banyak negara di dunia.

Lantaran tak ada seorang pun yang membelinya di periode Februari, sejak Maret lalu, Harley-Davidson menghentikan sementara penjualan Street 750 dan Street Rod. Keputusan ini dibuat karena pabrikan sepeda motor asal Amerika Serikat ini dikabarkan tengah serius membenahi sektor pengereman Street 750 dan Street Rod, dan belum diketahui pula kapan Harley-Davidson akan kembali menjual kedua motor tersebut.

Sekilas tentang Harley-Davidson Street 750 dan Street Rod, kedua motor ini menggunakan mesin yang sama, yakni yang berkapasitas 749 cc berpendingin cairan. Meski menggunakan mesin yang sama, tapi keduanya mempunyai performa yang berbeda. Harley-Davidson Street 750 mampu menghasilkan torsi 59 Nm di 3.750 ringgit Malaysia, sedangkan Street Rod memiliki torsi 62 Nm di 4.000 ringgit Malaysia.

Untuk harganya, di negara asalnya, Harley-Davidson Street 750 dijual dengan harga mulai dari 7,599  dolar  Amerika (sekitar Rp 107,5 juta). Sedangkan Street Rod dibanderol lebih mahal, yakni di angka 8,699 dolar Amerarika (sekitar Rp 123 juta).

Tags :

#
harley davidson,
#
street 750,
#
street rod