MENU
icon label
image label
blacklogo

Kala Modifikasi Nissan Skyline R30 Nan Klasik Sentuh Daya 420 hp

MAR 16, 2019@10:25 WIB | 1,015 Views

Membangun sebuah mobil impian memang tidak mudah. Apalagi dilakukan dengan cara anti mainstream, alias diluar kebiasaan. Sebuah mobil super street dengan basis Nissan Skyline, menjadi mobil dambaan setiap orang mungkin, karena nama Skyline cukup melegenda dalam hierarkis sedan Nissan. Namun apakah modifikasi harus dengan mobil Nissan baru? Tentu tidak Black Pals.

Kali ini owner mobil Chanin Pinkulbut, membangun sebuah mobil impiannya di masa sekolah menengahnya, Nissan Skyline. Genre Skyline menjadi dambaan setiap orang di seluruh dunia, khususnya penggemar sedan bertenaga buas hingga sekarang. Nissan Skyline yang modifikasi adalah seri R30, yang diproduksi di era 80-an. Jangan kaget, karena bukan generasi R32, R33 atau R34 yang jumlahnya cukup sedikit di dunia.

Varian Nissan Skyline R30, memang tercatat sebagai R Series, yang cukup melekat di kalangan pecinta selama beberapa tahun silam. Mempertahankan style coupe seperti dalam foto, menjadi varian yang cukup melegenda karena diproduksi 2 pintu. Dan bagi Chanin, mempertahankan body originalnya itu lebih baik, ketimbang harus memperbaiki sasis atau mengejar power hingga 4 kali lebih tinggi dari pabrikan.

Dibawah kap mesin terlihat mesin FJ20ET, yang telah dimodifikasi dengan piston Wiseco dibagian bawah dan atas. Penambahan manipol Pon  berbentuk kurva terhubung dengan turbo GReddy TD06-20G, dan sebuah pendingin depan Blitz. Pemasangan part-part tersebut mengerek tenaga dari daya pabrikan 200 whp menjadi 360 whp.

Tetap dengan gaya boxy nan rigid, garis bodi pabrikan tetap dipertahankan, Chanin menambah pemanis di buritan, sebuah fender untuk menutupi velg belakang 16x9 inci dan velg depan 16x8.5 inci.  Kedua velgnya menggunakan tipe Watanabe R Type, dan dibalut dengan Yokohama AD08.  Sebuah lips di front fascia, dan itu diklaim masih original Jepang.

Setiap mobil dengan mesin gahar, tidak lengkap bila sektor interiornya tidak menggunakan jok racing. Chanin menggunakan jok Recaro SPG berwarna merah. Menggunakan setir Nardi nan premium, dan stik transmisi berhias bola sakti dragon ball mempermanis sektor internal. Chanin cukup berhasil membangun nostalgia yang tertunda saat itu.

Memang tidak semua orang akan mengikuti gaya Chanin, tapi dia menjadi yang berhasil memperpanjang nostalgia masa SMA-nya. Secara performance, Skyline GT R-30 telah semakin kencang dengan modifikasi, dan cita-cita memiliki super street-nya adalah sebuah goal, dalam jiwanya sebagai antusias mobil JDM.[Ahs/timBX]

ENGINE:

FJ20ET; Wiseco pistons; GReddy TD06-20G; Pon turbo manifold; Blitz intercooler

SUSPENSION:

Cusco coilovers, front shock tower bar

WHEELS & TIRES:

Watanabe R-Type 16x9 rear, 16x8.5 front; Yokohama AD08 205/45 rear, 215/45 front

EXTERIOR:

unknown Japanese front lip; custom flares

INTERIOR:

Recaro SPG and SR3 seats; Nardi steering wheel; Dragonball Z shiftknob

Tags :

#
nissan,
#
skyline,
#
r30,
#
modifikasi,
#
thailand modifikasi