MENU
icon label
image label
blacklogo

Johann Zarco Tinggalkan KTM di Akhir Musim

AUG 14, 2019@11:00 WIB | 125 Views

KTM telah mengumumkan Johann Zarco akan meninggalkan tim MotoGP tersebut pada akhir 2019. Dengan demikian ia tidak akan menjalani kontrak dua tahun yang telah ditandatanginya.

Pabrikan Austria itu dan mantan juara Moto2 tersebut menandatangani kontrak, setelah ia masuk ke kelas MotoGP dengan penampilan mengesankan bersama tim satelit Yamaha Tech 3 pada 2017 dan 2018.

Namun, Zarco tidak dapat meniru performa itu dengan motor RC16. Sejauh ini ia hanya mencetak 22 poin sekaligus tertinggal jauh dari Pol Espargaro yang menjadi rekan setimnya (61 poin).

Penampilan dan pendekatan pembalap asal Prancis itu telah dikritik oleh CEO KTM Stefan Pierer. Sementara penambahan manajer baru dan pelatih pembalap Jean-Michel Bayle ditujukan untuk memperbaiki situasi, Zarco dan KTM. Namun kini Zarco telah memutuskan untuk tidak melanjutkan kerjasama setelah musim ini.

"Zarco mencoba untuk menyesuaikan gaya berkendaranya dengan KTM RC16. Dan tim berusaha tanpa henti untuk membentuk mesin motor sesuai dengan keinginan dan persyaratan pembalap Prancis itu. Sementara [itu] rekan setimnya (Pol Espargaro) membuat penampilan di kualifikasi Q2 secara kompetentitif untuk posisi 10 besar," pernyataan KTM.”

"Pada akhirnya Johann dan tim memutuskan untuk tidak melanjutkan proyek bersama mereka untuk tahun 2020 dan sekarang akan fokus untuk memberikan hasil maksimal untuk delapan balapan terakhir di MotoGP 2019."

Pierer juga mengonfirmasi selama akhir pekan Grand Prix Austria bahwa Zarco meminta menghentikan kesepakatan awal, meskipun belum jelas siapa yang akan menggantikan pria asal Prancis itu. Nama Mika Kallio masuk sebagai opsi cadangan menggantikan Zarco. Selain itu, rookie Tech 3 Miguel Oliveira - yang menempati posisi kedelapan di Red Bull Ring - pun muncul sebagai pilihan yang paling jelas.

KTM juga diyakini telah mempertimbangkan Jack Miller, yang secara resmi tetap menjadi agen bebas untuk tahun 2020. Masa depan Miller masih belum jelas ketika Jorge Lorenzo muncul sebagai pesaing untuk menggantikannya di Pramac Ducati tahun depan.

Namun, Lorenzo diketahui telah memutuskan untuk tidak melakukan langkah seperti itu, dan Miller mengindikasikan bahwa masa depannya bersama Pramac sekarang sudah hampir pasti, bahwa ia akan terus mengendarai motor Ducati untuk tahun berikutnya.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
johann zarco,
#
ktm,
#
motogp