MENU
icon label
image label
blacklogo

JLR Akan Produksi Mobil Jaguar Versi Listrik Tahun 2025?

FEB 27, 2021@17:00 WIB | 111 Views

Jaguar Land Rover, produsen mobil yang berbasis di Inggris, akan membuat merek Jaguar-nya hanya untuk listrik pada tahun 2025 dan meninggalkan kendaraan bensin sepenuhnya di pertengahan dekade berikutnya sebagai bagian dari serangkaian perubahan besar yang dibawa oleh kepala eksekutif barunya.

Perusahaan, yang dimiliki oleh konglomerat India Tata, akan menghilangkan mesin pembakaran internal untuk merek Jaguar yang bermasalah pada tahun 2025, karena JLR bertujuan untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada tahun 2039.

Merek Land Rover yang lebih menguntungkan akan meluncurkan enam mobil listrik murni dalam lima tahun ke depan, meskipun akan terus menawarkan mobil hybrid yang menggabungkan mesin pembakaran internal dengan baterai hingga sekitar tahun 2036.

JLR, yang mempekerjakan 30.000 orang di Inggris, juga akan "secara substansial mengurangi dan merasionalisasi" manajemennya di Inggris. Tidak disebutkan berapa banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan.

Tidak ada pabrik utama JLR yang akan tutup. Namun, Castle Bromwich, pabrik West Midlands yang masa depannya diragukan karena produksi melambat, tidak akan membangun versi listrik yang diumumkan sebelumnya dari XJ andalan Jaguar, atau model baru lainnya saat mundur dari pabrik produksi massal. Sebaliknya, Castle Bromwich hanya akan memproduksi model yang ada, dan JLR secara bertahap akan mengkonsolidasikan operasi lain yang tersebar di sekitar West Midlands ke pabrik. Produksi semua model Jaguar akan dipusatkan di pabrik Solihull.

Strategi baru ini adalah pernyataan niat publik pertama oleh Thierry Bolloré, mantan bos Renault, sejak dia ditunjuk sebagai kepala eksekutif JLR pada Juli tahun lalu.

Meskipun perusahaan kembali untung pada kuartal terakhir tahun 2020, perusahaan itu berjuang lebih dari beberapa saingan selama tahun 2020 karena produsen mobil menghadapi penurunan penjualan terkait pandemi virus corona, investasi teknologi listrik yang berat dan gangguan di perbatasan sebelum kesepakatan Brexit.

JLR berada di belakang Nissan sebagai pabrikan mobil terbesar di Inggris pada tahun 2020, ketika membuat 244.000 kendaraan, tetapi Bolloré mengatakan perusahaan akan menargetkan kualitas dan keuntungan daripada volume.

Dia menghadapi tugas untuk mempercepat perpindahan Jaguar Land Rover ke kendaraan battery-electric untuk memenuhi larangan pemerintah Inggris atas mobil bermesin pembakaran internal murni pada tahun 2030. JLR pun mendapatkan pujian tinggi untuk satu-satunya model listrik murni, SUV Jaguar I-Pace, tetapi mobil tersebut dibuat di Austria oleh kontraktor, yang berarti JLR masih kurang memiliki keahlian pembuatan mobil listrik internal.

Mereka akan mencoba untuk memperbaikinya dengan investasi tahunan sebesar 2,5 miliar poundsterling dalam penelitian dan pengembangan teknologi listrik baru, termasuk pekerjaan pada kendaraan sel bahan bakar hidrogen.

Matthias Schmidt, seorang analis otomotif independen, mengatakan keputusan JLR untuk meninggalkan bensin dan diesel pada tahun 2036, kira-kira sejalan dengan batas emisi UE yang secara efektif tidak mungkin dipenuhi dengan mesin pembakaran internal.

JLR telah membayar denda sebesar 35 juta poundtserling untuk tahun 2020 setelah gagal mencapai target pengurangan emisinya. Celah yang membuat target emisi lebih mudah bagi produsen kecil akan ditutup secara bertahap mulai tahun 2026.

Unite, serikat pekerja yang mewakili sejumlah besar pekerja JLR, menyambut baik rencana kendaraan listrik tersebut tetapi tidak memberikan dukungan tanpa syarat.

Des Quinn, pejabat nasional Unite untuk industri otomotif, mengatakan: “Jaminan tidak ada penutupan pabrik dan tidak ada kehilangan pekerjaan wajib harus dicari dan diberikan, dan hanya atas dasar inilah kami akan bekerja sama dengan perusahaan untuk memenuhi tantangan masa depan."

Bolloré mengatakan restrukturisasi akan difokuskan pada "pengurangan lapisan manajemen di perusahaan", serta menyederhanakan pembelian dari pemasok dan membuat beberapa komponen itu sendiri.

Dia mengatakan JLR adalah "seukuran manusia di antara raksasa" industri otomotif tetapi bersikeras bahwa perusahaan dapat menggunakan itu untuk keuntungannya dengan bertindak lebih seperti perusahaan teknologi yang gesit. Bolloré telah memindahkan tim manajemennya dari markas sebelumnya di Whitley ke Gaydon, agar lebih dekat ke pusat desain perusahaan.

Tantangan terbesar bagi ambisi bersih nol karbon untuk produsen mobil itu adalah memangkas sepertiga dari total emisi yang berasal dari pemasok, banyak di antaranya adalah bisnis kecil di West Midlands, seperti yang diungkapkan Bolloré.

Namun, dia menegaskan bahwa JLR memiliki kesempatan untuk membangun merek yang lebih ramah lingkungan yang akan menarik pelanggan kaya. Range Rover baru mulai dari harga lebih dari 83.000 poundsterling, meskipun Land Rover yang lebih murah dijual dengan harga sekitar 32.000 poundsterling. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
jaguar land rover,
#
jaguar,
#
land rover