MENU
icon label
image label
blacklogo

Jelang Kehadiran Civic Type R 2023

AUG 23, 2022@18:00 WIB | 300 Views

Selama seperempat abad terakhir, hatchback berpenggerak roda depan ini telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu yang terbaik di segmennya. Kebutuhan akan kecepatan yang tertanam dalam DNA Type-R mudah dilihat dari setiap generasinya.

Civic Type R asli hadir pertama kali pada tahun 1997 dan langsung laris manis bak kacang goreng. Generasi EK9 Type R menggunakan mesin 1.6 liter empat silinder hand-porting yang menghasilkan 117 hp.

Pada tahun 2001, Type R baru diperkenalkan dan untuk pertama kalinya tersedia di seluruh Eropa. Mengadopsi mesin 2.0 liter yang lebih besar bersama dengan rem yang lebih tangguh, transmisi manual enam kecepatan rasio dekat, dan suspensi yang canggih. Kurang dari satu dekade kemudian, perubahan dramatis akan terjadi di dunia Type R.

Di Jepang, Civic Type R generasi ketiga, dirilis pada 2007, sedan empat pintu ini hadir dengan mesin K20A, LSD, dan rem Brembo. Di Eropa, Civic Type R menjadi hatchback yang hadir dengan desain sasis baru, tetapi mesin 2.0 liter sama dengan generasi sebelumnya.

Kemudian muncul generasi FK2 dari Civic Type R, itu menandai babak baru untuk Type R. Untuk pertama kalinya, turbocharging menjadi bagian standar dari paket, dan sebagai hasilnya mobil ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 305 hp (227 kW). Honda bahkan membuat suspensi khusus yang dirancang untuk membatasi torsi kemudi.

Tak satu pun dari mobil yang dibicarakan di atas sampai saat ini ditawarkan di Amerika Serikat. Itulah satu hal yang membuat Civic Type R generasi FK8 2017 begitu istimewa. Agak tidak mengejutkan, setelah beberapa dekade mendambakan mobil tersebut, pasar AS langsung memimpin dunia dalam penjualan global mobil bermesin K20C1 tersebut.

Sekarang waktunya sudah sangat dekat menjelang peluncuran All-new Honda Civic Type R 2023 yang telah mencatat rekor putaran untuk mobil FWD di Sirkuit Suzuka. [ibd/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
honda,
#
honda civic,
#
civic,
#
civic type r,
#
civic type r 2023