MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar Rayakan Peluncuran 70 Tahun XK 120

NOV 13, 2018@15:30 WIB | 3,211 Views

Jaguar telah mengembangkan mobil reli F-TYPE Convertible dengan desain yang terinspirasi dari F-TYPE Checkered Flag Limited Edition. Hal ini bertujuan untuk melanjutkan perayaan 70 tahun mobil sport Jaguar sejak XK 120 diluncurkan pada tahun 1948.

Sekedar info, XK120 merupakan sportcar dari Jaguar yang diluncurkan dalam bentuk roadster terbuka dua kursi pada tahun 1948 di London Motor Show sebagai mobil uji coba untuk mesin Jaguar XK baru. Mobil ini adalah prototipe pertama dengan nomor sasis 660001. Terlihat hampir identik dengan mobil produksi pada umumnya kecuali pilar-pilar luar kaca depannya akan melengkung. Mobil sport ini akhirnya menjadi booming sehingga pendiri Jaguar, William Lyons, memasukkannya kedalam produksi.

Kembali ke F-TYPE Convertible, mobil ini juga dibuat sebagai penghormatan atas jasa legenda Jaguar XK 120, Ernest Ian Appleyard. Ernest Ian Appleyard merupakan seorang pembalap reli Inggris yang telah memenangkan RAC Rally pada tahun 1951 dan 1953, Tulip Rally pada tahun 1951, dan Coupe d'Or di Alpine Rally pada tahun 1952. Selain menjadi pembalap, Ian juga merupakan seorang pemain ski dan pengoleksi burung.

F-TYPE Convertibles ini didukung oleh mesin empat silinder Ingenium milik Jaguar 300PS. Dengan modifikasi oleh Jaguar Design and Engineering, mobil ini dibangun berdasarkan spesifikasi FIA dengan rem yang ditingkatkan secara menyeluruh dan suspensi dipasang di samping pelindung rollcage, jok balap dengan harness enam titik, dan alat peredam panas.

Ian Callum, Direktur Desain Jaguar, mengatakan, “kesempatan untuk merancang mobil reli tidak datang dua kali sehingga saya termotivasi bagaimana kami dapat membawa mobil sport modern kami dengan karakter yang sama. Model-model ini merupakan penghargaan bagi XK 120 dan semua mobil sport Jaguar sejak dirilis 70 tahun lalu, termasuk F-TYPE Checkered Flag Limited Edition terbaru.”

Fitur mobil reli F-TYPE ini sudah diperbarui pada segi rem, suspensi, dan drivetrain, termasuk penambahan cakram beralur dengan kaliper empat piston depan dan belakang. Pegas yang lebih lembut juga akan memastikan mobil dapat berkinerja tinggi ketika meluncur di permukaan kasar. Dengan velg dan ban motorsport khusus untuk digunakan pada permukaan yang berkerikil, limited-slip differential akan meningkatkan penyaluran daya pada permukaan yang longgar, sementara rem tangan hidraulik membantu pengemudi mengatasi ketika melewati tikungan tajam.[rmz/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
jaguar,
#
f-type convertible