MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar Bikin Ajang Balap Mobil Listrik Pertama

SEP 14, 2017@17:00 WIB | 350 Views

Setelah menjadi produsen premium pertama yang masuk ajang balap Formula E pada 2016, Jaguar menciptakan ajang balap kendaraan listrik versi produksi pertama di dunia. Jaguar I-PACE eTROPHY akan menjadi seri pendukung untuk kejuaraan FIA Formula E, yang berlangsung pada akhir pekan yang sama di sirkuit dan kota yang sama, dimulai pada akhir 2018 mendatang.

Secara khusus menampilkan deretan mobil balap Jaguar I-PACE eTROPHY, seri all-electric yang baru ini memberi kesempatan kepada pembalap masa depan untuk memamerkan bakat mereka, bersaing di panggung dunia dengan mobil balap tiada emisi. Ajang balapan yang inovatif ini nantinya akan mendukung peluncuran mobil sport elektrik lima kursi pertama Jaguar I-PACE di tahun yang sama.

Hingga 20 unit mobil listrik I-PACE versi balap akan berada di grid di 10 kota-kota dunia seperti Hong Kong, Paris, Sao Paolo dan New York, yang memberi kesempatan kepada calon bintang Formula E untuk berlomba di seri pertama dunia ini.

Pengumuman tersebut menyusul berita bahwa pemerintah Inggris melarang penjualan mobil bensin dan diesel dari tahun 2040 dan memperkuat komitmen Jaguar Land Rover terhadap elektrifikasi – sehingga mulai tahun 2020, semua lini model baru mereka akan bertenaga listrik, dengan teknologi hybrid atau baterai.

Jaguar Land Rover Special Vehicle Operations (SVO) di Warwickshire, Inggris, akan bertugas membangun mobil balapnya. Mereka akan dikembangkan diatas pada kendaraan listrik pertama Jaguar I-PACE yang bertenaga, dan akan meluncur di dunia pada akhir 2018.

Gerd Mäuser, Chairman, Jaguar Racing, mengatakan: "Jaguar kembali balap pada tahun 2016 dengan misi 'Race to Innovate'. Dengan diluncurkannya Jaguar I-PACE eTROPHY, kami telah memperkuat komitmen kami terhadap kendaraan listrik baterai, ajang balapan internasional dan Formula E. Sebagai tim Inggris, kami tentu bangga sebagai yang terdepan di kejuaraan kendaraan listrik produksi pertama di dunia."

"Kami selalu mengatakan bahwa kami ingin membuktikan teknologi elektrifikasi kami di trek - ini adalah buktinya. Saya melihat ke depan untuk melihat deretan grid penuh mobil balap Jaguar I-PACE pada akhir 2018, segera setelah Jaguar I-PACE pertama menyentuh jalanan di Eropa. Akhirnya seri inovatif ini akan meningkatkan teknologi di kendaraan listrik kami di masa depan dan tentu menguntungkan pelanggan kami.

"Formula E telah tumbuh secara eksponensial sejak kami bergabung sebagai produsen premium pertama tahun lalu, dengan komitmen dari Audi, Mercedes-Benz dan Porsche. Jaguar I-PACE eTROPHY akan menyajikan tontonan bagi para penggemar balap dan memberi kesempatan pembalap muda sebuah tangga ke Formula E. Kami berharap ajang balap kami bisa laris dan menjadi acara olah raga internasional yang mengasyikkan." [bil/timBX]

Tags :

#
jaguar,
#
blackauto,
#
autonews