MENU
icon label
image label
blacklogo

Insiden di Lap Pertama Grand Prix Ceko, Morbidelli Salahkan Zarco

AUG 05, 2019@12:33 WIB | 506 Views

Franco Morbidelli merasa langkah ‘buruk’ yang dilakukan Johann Zarco harus disalahkan atas insiden lap pertama GP Republik Ceko pada hari Minggu (5/08/2019).

Insiden itu adalah hasil dari kontak antara Zarco dan Morbidelli.

"Sepertinya saya memiliki balapan yang bagus, karena saat pemanasan semuanya berjalan baik dan naik satu posisi di tikungan awal," kata Morbidelli.

"Saya di tempat ke-11 dan kemudian, setelah awal yang buruk, mungkin Johann Zarco agak frustrasi dan memutuskan untuk membuat langkah yang tidak elegan pada saya.

"Saya berada di bagian luar tikungan dan lebih unggul. Tetapi tampaknya Johann merasa membutuhkan lebih banyak ruang atau memutuskan untuk menyingkirkan saya, saya tidak tahu kebenarannya.”

"Dan ini membuat balapan saya hancur, bukan hanya saya, tapi (Joan) Mir juga.”

Pembalap asal Italia itu meyakini frustrasi Zarco disebabkan oleh kehilangan begitu banyak posisi baik, setelah berada di posisi terdepan pada kualifikasi pertama.

"Saya sangat mengerti bahwa dia frustrasi karena memiliki awal yang buruk," tambah Morbidelli. "Jadi dia akan kehilangan peluang. Saya memahaminya dan dia melakukan langkah terpaksa, tapi itu bukan sesuatu yang layak.”

"Saya menjadi salah satu korbannya, dan kita semua tahu bahwa Johann (Zarco) bukan pembalap paling bersih dan paling elegan, tapi saya tidak terlalu mengeluh. Beginilah perlombaan.”

"Tapi saya sangat menyayangkan apa yang diterima Mir dan timnya."

Sedangkan Zarco, yang melanjutkan balapan dan finish di tempat ke-14, mengatakan awal dari 'bencana' nya disebabkan oleh bagian lintasan yang basah.

"Saya pikir sisi kanan grid basah dan saya agak goyah awalnya. Saya mungkin akan langsung kehilangan 7-8 posisi," jelasnya.

Pembalap asal Prancis itu juga mengira kontak yang terjadi merupakan konsekuensi dari memotong jalur dari sisi luar tikungan ke dalam, yang mungkin sulit diantisipasi oleh pembalap yang menggunakan motor M1.

"Mungkin kita semua harus melihat videonya. Saya kehilangan posisi di awal dan kemudian berada di belakang Fabio dan mungkin Aleix Espargaro, sebelum Turn 3," kata Zarco. "Saya tidak bisa menyalip ke bagian dalam di Turn 3, dan itu membuat saya mencoba lagi di Turn 4.”

"Saya merasa di posisi yang tepat, saya ada di belakang Aleix dan Fabio. Tetapi kemudian memang terjadi kontak dengan Franco, saya pikir Franco mencoba untuk menutupi celah, tetapi saya benar-benar berada di sisi kanan motor dan bahkan tidak melihatnya.”

"Saya merasakan kontak itu dan bahkan tidak tahu apakah dia jatuh atau tidak. Sepertinya dia jatuh, itu sangat disayangkan."[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
gp ceko,
#
johann zarco,
#
franco morbidelli