MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Mobil Sport Listrik Pertama Aston Martin

MAR 09, 2021@16:00 WIB | 391 Views

Ini akan dibangun di Inggris bersama SUV listrik pertama Aston Martin. Dibandingkan dengan pabrikan mobil lain yang telah mengumumkan strategi ambisius untuk menjadi merek khusus listrik dalam beberapa tahun ke depan, Aston Martin terlambat ke pesta EV dan tidak memiliki satu pun mobil baterai-listrik dalam jajarannya. Awalnya, Rapide E akan berfungsi sebagai model listrik penuh pertama milik Aston Martin, tetapi perusahaan itu menghentikan sedan sport listrik tahun lalu dan peluncuran kembali Lagonda sebagai sub-merek EV mewah oleh Aston Martin juga telah ditunda. Sejak Mercedes mengakuisisi 20 persen saham di perusahaan, rencana EV Aston Martin akhirnya mendapatkan daya tarik.

Berbicara dengan Financial Times, bos perusahaan Lawrence Stroll mengonfirmasi Aston Martin akan membangun mobil sport listrik dan SUV mulai tahun 2025. Mobil sport tersebut akan dibangun di pabrik Aston Martin di Gaydon, Inggris, sedangkan SUV akan dibangun di St Athan, Wales. Detailnya langka, tetapi Stroll menjanjikan EV Aston Martin akan memiliki "tubuh indah kami, suspensi kami, dinamika kendaraan kami, [dan] interior pesanan kami" untuk menonjol dari persaingan. Nama model untuk mobil sport listrik dan SUV belum dikonfirmasi, tetapi Aston Martin belum menutup kemungkinan menggunakan moniker DB.

Sementara pabrikan mobil belum mengumumkan platform dan powertrains mana yang akan bersumber dari Mercedes, ada kemungkinan besar pabrikan mobil Jerman itu akan menyediakan teknologi baterai untuk mobil listrik baru Aston Martin. Namun, Stroll mengonfirmasi bahwa Aston Martin sedang "melihat semua opsi," jadi mungkin saja mereka dapat menemukan pemasok baterai alternatif.

Meskipun Inggris memberlakukan larangan penjualan mobil bensin dan diesel mulai tahun 2030, Stroll mengonfirmasi Aston Martin akan terus membuat mobil dengan mesin pembakaran tradisional setelah tahun 2025. Sebelum EV pertamanya tiba pada tahun 2025, Aston Martin akan mulai merangkul elektrifikasi tahun ini dengan peluncuran DBX hybrid baru. Lebih banyak mobil hybrid akan diluncurkan mulai 2023, memungkinkan Aston Martin untuk menggetarkan 90 persen dari jajaran modelnya pada 2030. "Kami jauh di depan rival kami, dan semua karena kemitraan kami dengan Mercedes," kata Stroll.

Dan Ferrari berencana meluncurkan mobil listrik pertamanya pada 2030, sementara EV pertama Bentley akan diluncurkan pada pertengahan dekade ini. McLaren dan Lamborghini, di sisi lain, tetap bungkam tentang rencana EV masa depan mereka. [ibd/timBX]

Tags :

#
suv listrik pertama aston martin,
#
aston martin,
#
suv listrik,
#
mobil sport listrik