MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Merek Otomotif Paling Berpengaruh di Tahun 2023

NOV 25, 2023@10:30 WIB | 272 Views

Interbrand telah merilis daftar Global Best Brands 2023, yang mengurutkan kekuatan merek di berbagai arena dan segmen. Hal ini tidak mengherankan, tetapi Toyota adalah produsen mobil dengan kinerja terbaik pada tahun 2023. Perusahaan Jepang ini menempati posisi keenam secara keseluruhan, di belakang beberapa perusahaan terbesar di dunia, seperti Google, Apple, dan Microsoft.

Peringkat Toyota tetap tidak berubah dari tahun lalu, dengan perkiraan nilai merek sebesar $64,5 juta (Rp 1 triliunan). Produsen mobil dengan peringkat terbaik kedua adalah Mercedes-Benz, yang finis tepat di belakang Toyota. Produsen mobil mewah Stuttgart ini naik satu posisi dibandingkan tahun lalu, dengan nilai merek $61,4 juta (Rp 957,4 miliaran).

Hanya tiga produsen mobil yang masuk dalam 10 besar, dan posisi terakhir diisi oleh BMW. Merek yang berbasis di Munich ini menunjukkan peningkatan yang signifikan, naik tiga tingkat. Nilai merek BMW diperkirakan mencapai $51,1 juta (Rp 796,8 miliar).

Dalam 20 besar teratas, hanya satu pabrikan mobil tambahan yang masuk dalam daftar. Tesla menempati posisi ke-12, dan meskipun tidak ada peningkatan, ini adalah posisi yang luar biasa untuk merek yang belum pernah terdengar 20 tahun lalu. Studi ini menunjukkan betapa berpengaruhnya merek mobil tertentu. Toyota dan Mercedes-Benz, misalnya, memiliki peringkat yang lebih baik dibandingkan Coca-Cola dan Nike, sementara BMW mengungguli McDonalds.

Studi ini memeringkat perusahaan berdasarkan tiga kriteria. Studi ini mempertimbangkan kinerja keuangan dan pengaruh merek terhadap keputusan pembelian pelanggan. Terakhir, yang ketiga mengukur kemampuan merek dalam membantu menghasilkan pendapatan di masa depan.

Produsen mobil lain dalam daftar tersebut termasuk Honda (27), Hyundai (32), Audi (45), Porsche (47), Volkswagen (50), Ford (51), Nissan (63), Ferrari (70), dan Kia (88).

Tidak mengherankan melihat Toyota memimpin di bidang otomotif. Perusahaan ini menjual mobilnya secara global dan memiliki beberapa model mainstream yang paling dikenal, seperti Corolla, RAV4, dan Camry. Cerita serupa terjadi pada Mercedes-Benz dan BMW. Kedua merek tersebut telah lama menawarkan mobil-mobil dan mengembangkan jajaran model berumur panjang yang dikenal bahkan oleh orang-orang non-mobil. Ada yang mungkin belum tahu apa itu Rogue, tapi Seri 3 atau S-Class? Itu sudah menjadi rahasia umum.

Ada beberapa pengamatan menarik yang bisa dipetik dari penelitian ini. Ford dan Tesla adalah satu-satunya pabrikan Amerika; Hilangnya Dodge dan Chevrolet menyoroti kehadiran kedua merek tersebut di pasar global. Di tempat lain, Porsche dan Audi mengungguli perusahaan induknya, Volkswagen. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota,
#
mercedes benz,
#
bmw