MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Suara Knalpot Mobil 18 miliar Terpasang di Ford GT

MAY 06, 2020@16:25 WIB | 137 Views

Ford GT adalah mobil dengan engineering mengesankan dan memang merupakan mobil kelas pemenang 24 Hours Le Mans. Walaupun mobil ini tangguh dan super kencang, tapi ada satu kekurangan yang sebagian besar pencintanya amini, yaitu suara gas buangnya.

Jay Leno, comedian legendaris Amerika yang kebetulan pemilik salah satu Ford GT punya cara jitu untuk memperbaiki suara sumbang tersebut. Cara yang dilakukan Jay Leno adalah dengan mengganti sistem gas buang Ford GT bawaan dengan milik mobil balap sirkuit, Ford GT Mk II yang berbahan titanium. Dalam vlog-nya Jay Leno menunjukkan sistem exhaust titanium di mobil Ford GT-nya yang dikelir hitam dan oranye.

Dalam proyek ini, Jay juga membawa Jason Heffner dari bengkel Heffner Performance yang di kontrak Ford dan Multimatic, perusahaan Kanada yang membuat Ford GT. Menjadi pihak yang menggagas pergantian ini, Heffner menjelaskan bagaimana proses pemasangannya.

Knalpot ini hadir dalam satu gelondong dengan bobot kurang dari 2,7 kg, lebih ringan kurang lebih 13 kg dari knalpot bawaan Ford GT. Ia terpasang di belakang catalytic converter dan memiliki desain high-flow berbentuk X.

Walaupun menggunakan exhaust dari Ford GT Mk II yang merupakan mobil sirkuit bebas aturan emisi, namun Heffner mengatakan jika kombinasi ini masih legal turun di jalan. Heffner juga menambahkan sayap belakang, ban Michelin Pilot Sport, dan mengatur ketinggian berkendara serta pilihan mode berkendara sehingga output dari mesin 3,5 liter V-6 twin turbo meningkat dari 647 hp jadi 700 hp.

Pekerjaan ini memang terbilang mudah bagi Heffner, namun pasti cost a lot. Seperti kita tahu mobil yang diambil knalpotnya oleh Heffner ini memiliki harga sekitar Rp 18 miliar, produksinya pun sangat terbatas, hanya ada 45 buah di dunia, istimewa. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
ford gt,
#
jay len,
#
bengkel heffner performance,
#
ford gt mk ii