MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Canggihnya Teknologi Keamanan Mobil Masa Depan

SEP 10, 2020@11:00 WIB | 1,051 Views

Mobil dan teknologi adalah hal yang dapat dipisahkan. Keduanya berjalan beriringan mengikuti perkembangan dan tuntutan konsumen yang semakin variatif. Permintaan akan kenyamanan, keamanan, dan komunikasi, menjadi poin penting yang dijual produsen kendaraan. Terlepas dari desain menawan, spesifikasi mesin, dan kapasitas penumpang.

Akibatnya, para pengembang tiada henti berinovasi melahirkan teknologi keamanan yang semakin andal. Berikut ini 3 teknologi canggih yang diprediksi melengkapi mobil Anda di masa depan.

Car-to-X Communication

Sistem masa depan ini akan menjadi yang paling mudah untuk diterapkan, terutama karena banyak mobil saat ini datang dengan kemampuan internet nirkabel terintegrasi. Ide ini melahirkan sistem komunikasi Car-to-X, yang memungkinkan kendaraan Anda berkomunikasi secara nirkabel dengan mobil lain. Bahkan, sistem ini memungkinkan komunikasi dengan bagian infrastruktur tertentu.

Pada awal 2013, Mercedes-Benz mengintegrasikan sistem komunikasi Car-to-X pada beberapa model, dengan mekanisme yang lebih sederhana. Perkembangan sistem ini disebut Car 2 Car Consortium, yang sudah diterapkan Mercedes-Benz, Audi, GM, Honda dan Volvo. Namun perkembangan sistem tak cukup sampai di situ, karena produsen masih mengembangkan sistem yang lebih rumit dengan hasil yang lebih baik.

Mobil-mobil yang terhubung dapat bertukar informasi tentang batas kecepatan lokal dan kondisi jalan. Bahkan termasuk peringatan lampu lalu lintas, apakah akan berubah merah atau hijau. Ini sangat membantu pengendara untuk memutuskan mempercepat atau memperlambat laju di persimpangan.

Mobil Berjejaring Berkemampuan Otonom

Masih berkaitan dengan Car-to-X Communication, mobil berjaringan dengan kemampuan otonom mungkin akan mengubah seluruh gagasan dengan transportasi umum.

Kendaraan tanpa awak ini diprediksi meramaikan transportasi di masa depan, karena menawarkan emisi yang rendah dan mengurai kemacetan. Selain itu, maraknya kendaraan otonom dengan sistem keamanan yang canggih akan membantu mobilitas populasi senior atau penyandang disabilitas.

Layar Multi-Display

Sistem tampilan head-up memang sudah dibenamkan di koleksi mobil tertentu. Sebagian darinya bahkan sudah berwarna dan berisi informasi tentang kecepatan kendaraan, panah navigasi, atau peringatan kecepatan lokal.

Meskipun keberdaannya sempat dikritik, namun sistem yang diadaptasi dari jet tempur ini menunjukkan perubahan baik hari demi hari. Layar multi-display ini akan menggabungkan detail seperti tampilan augmented reality di kaca depan. Sementara penumpang di bangku depan mendapat layar berbeda, misalnya berisi informasi tentang nama jalan, bangunan, atau tampilan jalanan dari posisi atas.

Selain itu, sistem ini akan membantu pengemudi mendapatkan informasi jalanan dalam situasi berkabut, hujan atau salju. Dengan demikian, ini akan meningkatkan keamanan pengendara dan mengurangi angka kecelakaan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mobil masa depan,
#
teknologi mobil masa depan,
#
mercedes-benz,
#
mobil otonom