MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingin Buat Mobil Listrik Ramah Lingkungan, Audi Gunakan Kaca Daur Ulang

MAY 04, 2022@16:00 WIB | 520 Views

Audi yang berbasis di Jerman sedang menjajaki cara-cara inovatif untuk menjadi lebih ramah lingkungan.

Ketika membahas masa depan otomotif, Audi tidak main-main dan dengan tegas mereka siap melepas bahan bakar fosil pada tahun 2040, tak lama setelah mengumumkan rencana melepas mobil dengan mesin pembakaran konvensional. Tetapi tampaknya perusahaan itu sedang menjajaki jalan yang berbeda dalam hal keberlanjutan. Audi berencana untuk memanfaatkan kaca pelat daur ulang di Q4 e-tron, kendaraan bertenaga baterai yang diklaim paling terjangkau. 

Bersama dengan beberapa perusahaan kaca, perusahaan sedang mencari kemungkinan untuk mendaur ulang kaca mobil yang pecah dan mengubahnya menjadi alternatif jendela yang dapat digunakan dan ramah lingkungan.

Bagaimana ini akan berhasil? Sumber internal Volkswagen Group akan mengumpulkan pecahan kaca dari mobil dari jendela yang tidak dapat diperbaiki. Dari sini, pecahan kaca menuju ke salah satu mitra Audi, Reiling Glas Recycling. Jendela dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan diproses sebelum Reiling menempatkan kaca lama kembali ke produksi kaca.

Peralatan daur ulang yang cerdas dapat menyaring bahan non-kaca seperti filamen pemanas dan kabel antena melalui penggunaan magnet, sehingga hanya kaca yang mencapai tahap akhir.

"Kaca mobil harus memenuhi persyaratan yang paling ketat, misalnya terkait keselamatan kecelakaan. Audi bermaksud mengembalikan kaca ke kualitas aslinya dan Saint-Gobain Glass adalah kunci untuk permintaan yang menuntut ini. Perusahaan kaca asal Jerman tersebut pertama-tama memisahkan butiran kaca berdasarkan sumber dan warnanya. Dengan memanfaatkan daur ulang kaca paling homogen yang tersedia, perusahaan mencampur daur ulang dengan beberapa komponen lain, termasuk pasir kuarsa dan kapur.

"Bagi kami, siklus pembuatan jendela mobil baru dari yang lama ini merupakan langkah penting menuju produksi kaca otomotif dengan cara yang menghemat sumber daya dan energi," kata Dr. Markus Obdenbusch dari perusahaan tersebut. Potongan pelat kaca berukuran 10 x 20 kaki dibawa ke ahli kaca otomotif Saint-Gobain Sekurit dan di sinilah kaca diubah menjadi sesuatu yang dapat digunakan untuk aplikasi otomotif. [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
audi