MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai Kona, Sang Pendatang Baru Compact SUV

APR 08, 2019@21:00 WIB | 781 Views

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) berencana meluncurkan mobil terbaru berjenis compact sport utility vehicle atau SUV bernama Hyundai Kona. Menurut informasi resmi dari pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut, gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 akan menjadi ajang perdana Kona untuk unjuk diri. IIMS 2019 sendiri dijadwalkan akan dihelat di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta, pada 25 April-5 Mei mendatang.

Direktur Deputi Pemasaran PT Hyundai Mobil Indonesia Hendrik Wiradjaja mengatakan peluncuran Kona merupakan jawaban atas kebutuhan pasar masyarakat Indonesia.

“Kami melihat market disini menginginkan kendaraan yang nyaman, memiliki fitur handal, dan teknologi terkini," ujarnya pada Senin (8/4).

Hendrik menyebut, lineup  terbaru dari Hyundai itu bakalan mendobrak dominasi kendaraan roda empat bertipikal compact SUV yang lebih dulu mengaspal di Tanah Air, macam Honda HR-V, Mazda CX-3 hingga Mitsubishi Outlander Sport.

Adapun dari sisi harga jual, Hendrik masih enggan untuk berkomentar terkait bandrol yang dipasang untuk memboyong Kona. Namun, diri memastikan bahwa Hyundai Indonesia tetap akan memberikan kisaran harga yang tidak jauh berbeda dengan para kompetitor di kelasnya.

“Harga Hyundai Kona tetap kompetitif demi merebut perhatian pasar compact SUV Tanah Air” tuturnya.

Sedikit bocoran, bos bagian pemasaran Hyundai tersebut memberikan informasi bahwa kepastian harga akan dirilis secara resmi pada saat Kona melakukan showoff perdana pada pagelaran IIMS 2019 nanti.

"Akan dibuka harganya pada IIMS. Tentunya, sangat kompetitif dengan pesaing dalam segmennya," imbuh dia.

Dilansir oleh Hyundai Indonesia, alasan pabrikan Negeri Gingseng memboyong Kona ke Tanah Air disebabkan oleh beberapa pertimbangan, seperti pertumbuhan kelas menengah yang membutuhkan mobil pada segmen SUV. Selain itu, HMI juga mengklaim bahwa pasar kendaraan sports saat ini tengah berkembang secara global, termasuk di Indonesia sendiri.

Bahkan, Hendrik menyebut, Kona merupakan sosok kendaraan ideal bagi masyarakat Indonesia yang dikenal memiliki mobilitas serta dinamika yang tinggi.

"Hyundai Indonesia sejalan dengan Hyundai Global, memiliki produk SUV yang cocok untuk Asia bahkan Indonesia," ungkapnya.
 

Sebagai informasi, Hyundai Kona dikenal sebagai produk kendaraan handal dengan berbagai fitur yang mumpuni. Tercatat, mobil bergenre compact SUV tersebut beberapa kali diganjar penghargaan internasional, seperti diantaranya iF Design Award, Red Dot Design Award 2018, hingga Crossover of The Year 2019 dari Texas Motor Press.

Berikut adalah spesifikasi dari Hyundai Kona.

Spesifikasi Hyundai Kona

Mesin

Tipe

Hyundai Kona 1.6 turbo bensin

Kapasitas

1600 cc

Diameter Langkah

– mm

Rasio Kompresi

Power Max

175 HP

Torsi Max

195 lb-ft

Pengapian

Sistem Bahan Bakar

Fuel injection

Starter

Transmsi

7 percepatan dual clutch automatic.

Bodi

P x L x T

panjang 70.9 inch, tinggi 61.0 inch

Berat Isi

– kg

Tinggi Tempat Duduk

– mm

Jarak Pijak

– mm

Jarak Sumbu Roda

102.4 inch

Kapasitas tangki

– liter

Rangka dan Kaki-Kaki

Rangka

Suspensi depan

Suspensi belakang

Velg

R 16 / R 17

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Cakram

Tags :

#
hyundai kona,
#
compact suv