MENU
icon label
image label
blacklogo

Hypercar Toyota GR Super Sport 2022 Tampil di Le Mans

SEP 22, 2020@10:15 WIB | 238 Views

Sejak Porsche meninggalkan top class di ajang World Endurance Championship,orang-orang di Toyota secara konstan merayakannya. Pasalnya Toyota TS050 Hybrid hampir tidak ada lawannya di LMP1, itulah sebabnya semua orang menantikan musim balap ketahanan 2022 ketika peraturan Le Mans Hypercar akan memasuki arena.

GR Super Sport merupakan hypercar bertenaga hibrida yang dibuat berdasarkan mobil balap TS050 Hybrid (debut pertamanya di Le Mans tahun 2016), yang tampil perdana dua tahun lalu oleh sebuah konsep dengan tenaga 1.000 PS (986 tenaga kuda) dan roda ringan 18 inci yang dilengkapi pelapis 330/710. Maju cepat hingga saat ini, dan konsep ramping menghantam trek di Le Mans dengan kedok "model pengembangan" dengan kokpit terbuka.

Pada Minggu (20/9/2020), seperti dilansir dari Auto Evolution, Toyota GR Super Speort resmi diperkenalkan kepada publik di Le Mans 24 Hours ke-88 di Sirkuit de la Sarthe, Prancis. Hypercar ini sudah pernah menjadi pemenang di Le Mans sebanyak dua kali.

GR Super Sport yang bertuliskan "Racing Hybrid" di bagian sisinya tampil ke hadapan publik dalam lap demonstrasi dan upacara partisipasi untuk mengembalikan trofi Le Mans. Mobil ini dikendarai langsung oleh mantan pebalap Toyota Gazoo Racing, Alex Wurz.

Asupan udara yang besar di antara dan di belakang pengemudi dan penumpang menyalurkan udara ke mesin yang dipasang di tengah, tetapi pembangkit tenaga apakah yang bersembunyi di bawahnya?.

TS050 Hybrid mengandalkan powertrain hibrida dengan twin-turbocharged 2,4 liter direct-injection V-6 dan bantuan hybrid THS-R untuk e-AWD. Dapat diasumsikan GR Super Sport akan menampilkan evolusi powertrain, kendati Toyota tidak menjelaskan secara detail namun motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga hingga 986 ps.

“Merupakan suatu kehormatan untuk mengendarai versi pengembangan ini untuk pertama kalinya di depan umum, dan terutama di sirkuit seperti Le Mans yang sangat dekat dengan mobil ini,” kata Alexander Wurz di lansir dari laman resmi Gazoo Racing.

Mantan pebalap Formula 1 itu juga mengatakan ini adalah pertama kalinya di GR Super Sport, "jadi demonstrasi lap tidak memungkinkan saya untuk melampaui batas tetapi saya bisa merasakan GR Super Sport memiliki potensi untuk performa yang luar biasa."

Ditambahkannya, GR Super Sport dan TS050 Hybrid memiliki kesamaan dalam hal performa, terutama pada sistem penggerak empat roda dan hibrida. “Namun, para teknisi mengatakan kepada saya bahwa ini hanyalah sebagian kecil dari performa sebenarnya GR Super Sport. Jadi, saya sangat bersemangat untuk mengendarainya lagi suatu hari nanti,” tutur Alex.

Peraturan Le Mans Hypercar menargetkan waktu lap 3:30 untuk kategori ini sementara LMP2 mencapai 3 menit dan 27,6 detik pada edisi balapan tahun ini. Dengan kata lain, Anda dapat mengharapkan FIA dan ACO untuk membuat beberapa penyesuaian sebelum edisi Le Mans 2022 dimulai.

Sekadar diketahui, harga hypercar Toyota GR Super Sport diperkirakan mencapai US$1 juta atau setara Rp14,7 miliar. Produksi mobil ini dipastikan terbatas dan akan menampilkan fitur desain yang lebih fokus pada trek, seperti sirip vertikal dan tanpa jendela belakang. [asl/timBX]

Tags :

#
hypercar,
#
toyota gr super sport 2022,
#
le mans,
#
world endurance championship,
#
toyota ts050 hybrid