MENU
icon label
image label
blacklogo

HonDeath: CL350 Luar Biasa dengan 100 Tenaga Kuda

FEB 15, 2021@18:00 WIB | 264 Views

Dalam bentuk aslinya, Honda CL350 merupakan penjelajah jalanan yang ramah dengan 33 tenaga kuda dan pesona vintage-nya. Jenis sepeda motor yang paling cocok untuk dipakai dengan orang yang ingin Anda temui.

CL350 ini, bagaimanapun merupakan beast yang sangat berbeda. Petunjuknya ada pada nama, HonDeath. Motor ATV Yamaha Banshee 2-Tak memberinya tenaga, menghasilkan hingga 472cc dan mengeluarkan tenaga sekitar seratus tenaga kuda.

Cafe racer Honda yang benar-benar lincah ini berasal dari Andrew Cecere, teknisi Jaguar Land Rover yang berbasis di Del Aire, California. Dia orang yang multi talenta: "Saya membuat jet ski, sepeda motor trail, sepeda motor jalanan, shifter kart, dan apa pun yang memiliki mesin," katanya.

Seperti yang disarankan oleh ruang ekspansi yang sangat besar, Andrew ahli fabrikasi sekaligus pembuatan mesin. Mungkin karena sebelumnya dia seorang mekanik pesawat: "Saya kelelahan saat shift malam dan bekerja untuk Land Rover, tapi saya selalu sibuk di waktu luang saya."

CL350 1971, meskipun bantalan Anda mungkin “terlempar” oleh tangki, yang berasal dari Super Sport CB350 1968. Andrew telah mencangkok bagian ujung depan dari CB350 yang sama juga, untuk memberikan tampilan vintage pada motor, dan memakai pelek Akront yang serasi.

Tapi mari kita bicara tentang mesin, karena mesin ini harus memiliki power-to-weight tertinggi dari CL350 mana pun di planet ini.

Pada awalnya Andrew membuat sepeda motor untuk temannya, menjaga mesin 350. “Kemudian kami mulai balapan jet ski stand-up. Lima tahun kemudian teman saya ingin saya membuatkan jet ski untuknya, jadi dia mengembalikan sepeda motor itu kepada saya.”

Motor Honda 325cc 4-Tak memiliki daya tarik tersendiri, meskipun terhambat oleh sistem knalpot yang berat dan tidak efisien sehingga terlihat lebih baik dengan mengurangi bobotnya — dan defisit tiga tenaga kuda dibandingkan saudaranya CB350.

Itu tidak cocok dengan ahli listrik seperti Andrew. "Saya memutuskan untuk menggantinya dengan yang keren: mesin Super Cub 472cc." Pabrik 2-Tak yang dimodifikasi ini terkenal di dunia Yamaha Banshee: mesin stok merupakan evolusi dari unit yang digunakan pada sepeda motor RD350, dan cocok untuk peningkatan tenaga yang besar.

“Saya bekerja di Craigslist dan eBay, lalu menemukan berbagai suku cadang Banshee, termasuk satu set kotak engkol yang bagus dengan transmisi,” kata Andrew. “Saya akhirnya membeli crank 4mm baru dan silinder Super Cub 472, dan kemudian menemukan beberapa pipa drag CPI Racing.”

Agar semuanya pas, Andrew harus memotong rangka dan memodifikasi rel agar sesuai dengan kontur di sekitar mesin. Dia juga harus memotong pipa agar bisa menyapu ke bawah frame, tetapi mengingat ukurannya, itu bisa dimengerti.

Andrew juga telah memasang sistem pengapian MSD gaya balap (dibebaskan dari jet ski), dan sistem katup buluh VForce, tetapi 35mm carbs jelas ramah jalan dan hemat bahan bakar. “Mereka karburasi dengan sangat bersih,” katanya. "Saya juga punya satu set 40mm carbs untuk tenaga besar, tapi mereka memakan terlalu banyak bahan bakar." Radiator yang dilepas dari RD250 menjaga suhu tetap rendah.

Rem drumnya asli. “Banyak orang mungkin mengatakan mereka tidak cukup untuk mesin Banshee 100 hp,” menurut Andrew. “Tapi motornya sangat ringan — dan remnya disetel untuk bekerja dengan sangat baik… untuk rem tromol.” Kita harus mengambil kata-katanya untuk itu, karena segala sesuatu yang lain diurutkan dengan baik.

“Saya menyukai konsep fungsi dan kinerja,” kata Andrew. “Penampilannya hanyalah produk tambahan!” [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
hondeath,
#
honda cl350,
#
motor custom,
#
custom honda cl350