MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Bentuk Konsorsium Pengembangan Baterai Sepeda Motor Listrik

MAR 03, 2021@10:04 WIB | 299 Views

Honda mengumumkan telah menandatangani letter of intent dengan KTM AG, Piaggio & C SpA dan Yamaha Motor Co., Ltd. untuk mendirikan Konsorsium Baterai yang dapat ditukar untuk Sepeda Motor dan Kendaraan Listrik Ringan.

Dalam konteks Perjanjian Iklim Paris dan transisi ke elektromobilitas, anggota pendiri Konsorsium tersebut percaya bahwa ketersediaan sistem baterai yang dapat ditukar akan mempromosikan penggunaan kendaraan listrik ringan secara luas dan berkontribusi pada manajemen siklus hidup baterai yang lebih berkelanjutan. Selain itu, dengan memperluas jangkauan, konsep penukaran baterai juga dapat mempersingkat waktu pengisian, dan menurunkan biaya kendaraan dan infrastruktur.

Oleh karena itu, tujuan dari konsorsium saat ini  adalah untuk menentukan spesifikasi teknis standar dari sistem baterai yang dapat ditukar untuk kendaraan yang termasuk dalam kategori L yaitu moped, sepeda motor, becak dan quadricycles. Dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan dan badan standardisasi nasional, Eropa dan internasional, anggota pendiri Konsorsium akan terlibat dalam pembuatan standar teknis internasional. Konsorsium ini akan memulai kegiatannya pada Mei 2021. 

“Upaya elektrifikasi di seluruh dunia untuk mengurangi CO 2 dalam skala global semakin cepat, terutama di Eropa. Untuk adopsi sepeda motor listrik secara luas, masalah seperti jarak perjalanan dan waktu pengisian perlu diatasi, dan baterai yang dapat ditukar adalah solusi yang menjanjikan. Mempertimbangkan kenyamanan pelanggan, standarisasi baterai yang dapat ditukar dan adopsi sistem baterai yang luas sangat penting, itulah sebabnya empat produsen anggota setuju untuk membentuk Konsorsium," kata Noriaki Abe, Managing Officer, Motorcycles Operations, Honda Motor Co., Ltd.[prm/timBX]
 

Tags :

#
autonews,
#
honda