MENU
icon label
image label
blacklogo

Hidome Style: Shovelhead FLH Harley-Davidson 1970 Kreasi Hideya Togashi

APR 29, 2021@17:00 WIB | 319 Views

Alih-alih mengikuti tren yang ada, lagi-lagi para mekanik Kustom Jepang menetapkan ciri khasnya sendiri dengan gaya yang unik dan dapat langsung dikenali. Adalah Shovelhead FLH Harley-Davidson 1970 karya Hideya Togashi dari Hide Motorcycle.

Bermula dari klien Togashi-san yang hanya memintanya untuk membuat bobber, tetapi kemudian menyerahkan sisanya kepada kebijaksanaan pembuatnya, dan itu adalah sebuah langkah awal yang sangat bijak.

Mengambil inspirasi tahun 1930-an, ia memadukan isyarat bobber dan pelacak vintage untuk membangun Hidemo special atau dikenal sebagai 'Hydra-Glide'.

Seperti kita tahu, Harley-Davidson FLH adalah model sepeda motor dengan fairing, pannier, dan kursi besar yang lucu. Selain roda, motor, dan rangka tidak ada diganti. Tetapi, Hideya menggubah bingkainya dengan mempersempit tiga kali lipat, dan mencangkok pada ujung depan Shovelhead seukuran 41 mm, begitu juga pada bagian garpu telah dimodifikasi.

Pelek roda depan diganti dengan rem drum mekanis dari BSA, menggunakan set spoke khusus. Roda belakang asli, sampai ke rem tromol hidrolik sisi-sproket OEM. Ban depan menggunakan Treadwell Waveway bergaya vintage: 4,00 × 19 ″, dan ban belakang 5,00 × 16 ″.

Bagian motor kapasitas ditingkatkan menjadi 1.340 cc dengan piston KB Performance, cam Andrews, pengapian Dyna S, dan sabuk primer 1½ ”.

Untuk tangka bahan bakar bagian atas dibuat dari baja khusus, ditutup dengan 'tali' logam buatan tangan sekaligus tempat penghitung kecepatan sepeda motor. Sedangkan tangki oli dibuat dari awal. Bagian jok dan spatbor belakang dibuat dari aluminium.

Setang baru Harley dibuat khusus, memakai pegangan Nice Motorcycle serta throttle internal. Untuk lampu depan masih menggunakan lampu traktor vintage, sedangkan pada bagian belakang adalah dudukan pelat yang dipasang di samping, melilit shock dengan lampu Hide Motorcycle terintegrasi.

Di Shovelhead hampir tak ada yang belum dimodifikasi, atau dibuat dari awal. Bahkan bagian kecil seperti pedal kicker, pasak kaki, dan pelat pemasangan kontrol kaki yang dibor semuanya menjadi satu kesatuan. Setiap detail terakhir telah dipertimbangkan dengan teliti.

Jadi tak mengherankan jika kemudian Shovelhead ini menjadi sebuah entri yang menakjubkan dalam portofolio Hide Motorcycle, sekaligus membuktikan bahwa Togashi-san berada di puncak karyanya. Itu sebabnya karya mekanik Jepang ini selalu menarik decak kagum dan layak mendapatkan pujian. Bagaimana menurut Anda? [eli/asl/timBX]

Tags :

#
hidome style,
#
shovelhead flh harley-davidson,
#
hideya togashi,
#
hide motorcycle,
#
motor custom,
#
motor kustom