MENU
icon label
image label
blacklogo

Harley Davidson Percepat Produksi Motor Listrik 18 Bulan Mendatang

FEB 01, 2018@21:00 WIB | 353 Views

Akhir bulan Januari tepatnya tanggal 30, automaker motor besar Paman Sam Harley Davidson merupakan waktu bersejarah. Bermarkas di Milwaukee, Wisconsin  Harley Davidson mengumumkan bahwa perusahaan akan meningkatkan investasi pada motor elekctric, dan mempercepat peluncuran produksi pertamanya di segmen electric ride.

Meski fotonya telah tersebar, pihak Harley Davidson belum mengumumkan nama, style, ukuran baterai, jarak tempuh, namun ditargetkan akan muncul dalam 18 bulan kedepan. Sementara belum ada rincian spesifik dari motor listriknya, Anda bisa melihat Harley LiveWire electronic motorcycle concept sebagai pertandanya.

Harley Davidson telah membawa LiveWire tour pada 2014 untuk customer reaction. Tahun 2017, HD mengabarkan akan meluncurkan motor listrik pada 2021, namun akhirnya dimajukan.  Merujuk pada LiveWire concept, menggunakan frame aluminium, suspense belakang monoshock dan reversed front forks.

LiveWire diperkirakan dapat menempuh jarak 50 mil sekali charge, dengan letupan power 74 hp dan torsi 100 Nm dari sumber listrik baterai berkapasitas 10kWh. LiveWire mampu berjalan di jarak jauh dan jarak pendek tanpa harus merepotkan. Sampai saat ini belum ada detail spesifikasinya.

Jika dirilis pada 2020 mendatang, maka kemampuan daya tempuhnya diperkirakan akan meningkat menjadi 100 mil. Mungkin terkait kapasitas baterainya juga akan ditawarkan dalam berbagai opsi, sepertinya apa yang dilakukan Zero Motorcycle.

Sekali lagi, gambar yang kami tampilkan bukanlah versi produksinya. Tetapi menurut ulasan di laman motorauthority.com, konsep LiveWire baik-baik saja, tanpa kendala sedikitpun. Kemungkinan besar, Harley akan memunculkan versi electric motorcyclenya di pertengahan 2019,  dengan menyangkut gaya dan komponen yang digunakan LiveWire.

Sementara sambil menunggu keuangan Harley Davidson stabil dan produksi electric motorcyclenya, Harley Davidson telah menyelenggarakan beberapa event seperti Snow Hill di Aspen 2018 X Games. Hingga akhir 2017, Harley telah menggaet 32 ribu pembalap baru dan telah melatih 62 ribu dibawah payung Riding Academy.

Kemunculan motor listrik tidaklah menjadi solusi merubah penjualan Harley Davidson. Seperti halnya Honda yang telah menciptakan teknologi self-balancing technology, safety yang meningkat, dan menghasilkan emisi karbon lebih kecil. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
harley davidson,
#
electric ride