MENU
icon label
image label
blacklogo

Handal Berselancar di Jalan Licin, Inilah Volkswagen Golf R 2022

MAR 23, 2021@14:00 WIB | 269 Views

Volkswagen akhirnya meluncurkan Golf R terbaru yang lebih dari sekadar GTI all-wheel-drive. Pembalap rallycross dan mantan pembawa acara Top Gear USA, Tanner Foust, dalam sebuah video beraksi dan mengatakan: “Baiklah, lanjutkan dan beralih ke mode Drift dan matikan kontrol stabilitas. Saat Anda mencapai pintu keluar tikungan, tekan throttle dan biarkan mobil melakukan tugasnya.”

Petunjuk arahnya cukup mudah untuk diikuti, dan sesaat kemudian, Volkswagen Golf R 2022 berwarna putih meluncur melintasi bentangan beton basah dalam epik.

Mode drift hanyalah salah satu dari banyak tambahan yang dibuat Volkswagen pada Golf R untuk membedakannya dari Mk8 GTI standar, keduanya akan dirilis akhir tahun ini sebagai satu-satunya perwakilan dari keluarga Golf yang didesain ulang.

Dan itu adalah kabar baik, karena masalah terbesar Golf R sejak menjatuhkan "32" pada tahun 2009 adalah jarang terasa seperti GTI yang lebih besar dengan all-wheel-drive.

Sepintas lalu, Mk8 Golf R tampak tidak jauh berbeda dari Mk7. Masih ada mesin empat silinder 2.0 liter turbocharged, sistem all-wheel-drive 4Motion dan pilihan transmisi kopling ganda atau, untuk mobil pasar AS, terdapat manual enam kecepatan.

Sistem all-wheel-drivememiliki fungsi torque-vectoring baru. Separuh tenaga mobil dapat dialirkan ke poros belakang, tetapi diff belakang memiliki dua kopling basah multi-plate yang dapat mentransfer 100% ke kedua sisi.

Dibandingkan dengan Golf R sebelumnya, model 2022 lebih rendahbeberapa inci, sedangkan roda depan memiliki tambahan camber depan 1,3 derajat dan pegas depan 10% lebih kaku. Pegas belakang juga lebih kaku, sementara teknisi mengubah peredam adaptif di keempat sudut. Ada tambahan downforce depan dan belakang melalui fasia depan khusus-R, sayap yang bagus, dan diffuser belakang yang lebih besar juga.

Di luar tweak aerodinamis khusus, insinyur Volkswagen lebih memperhatikan gaya Golf R. Aksen chrome matte dipasangkan dengan roda standar 19 inci, sedangkan fascia khusus R menjatuhkan lampu kabut dan menambahkan aksen biru pada gril.

Kabinnya memiliki sepasang kursi sport dua bagian nan cantik bergaya Amerika Utara dan menampilkan kulit Nappa hitam dengan aksen biru, sedangkan Golf R versi Eropa memiliki jok abu-abu dan biru.

Insinyur VW juga merevisi sepenuhnya mode penggerak Golf R. Mode drift adalah salah satu dari dua sub-mode untuk pengaturan Race, di samping Special, yang mengubah semua yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan mobil agar dapat melaju di Nurburgring. Volkswagen awalnya ingin memasang mode ‘Nurburgring’, tetapi karena ada suatu masalah dari pihak venue terkait penamaan, akhirnya diganti menjadi mode ‘Spesial’.

Bagaimana dengan spesifikasi Golf R 2022? Volkswagen meluncurkan salah satu mobil andalan mereka yang bernama Golf R 2022 ini dengan spesifikasi luar biasa, karena itu juga mobil ini disebut-sebut handal ketika meluncur di jalanan licin.

Untuk mesinnya sendiri, Golf R 2022 memilikiturbocharged 2.0-liter I4 yang bisa menghasilkan 315 hp/310 Pound-Feet. Bahkan mobil ini mampu melaju 0-60 mph dalam waktu 4,7 detik. Lalu untuk kecepatan maksimumnya adalah 155 mph. Sedangkan untuk transmisinya, seven-speed dual-clutch Transmission menjadi andalan dengan all-wheel drive.

Di sisi interior, belum banyak informasi lebih lanjut. Tapi Golf R 2022 ini memiliki lima kursi termasuk untuk pengemudi. Dan akhirnya untuk harganya, Golf R 2022 ini kabarnya dibanderol sekitar 39.000 US Dollar atau 560 juta rupiah. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
volkswagen golf r 2022,
#
volkswagen,
#
golf r 2022,
#
tanner foust