MENU
icon label
image label
blacklogo

GR Supra 3.0 2021 Sport Coupe Ergonomis, Tenaga Naik Menjadi 382hp

JUL 09, 2020@12:00 WIB | 419 Views

Toyota Supra hadir dalam dua pilihan mesin 2000 cc dan 3000 cc, dengan nama masing-masing GR Supra 2.0 dan GR Supra 3.0. Kubikasi mesin yang berjenjang, masing-masing output tenaga 255 hp untuk GR Supra 2.0 dengan mesin inline 4, dan 382 hp dengan mesin inline 6. Sementara karakter keduanya mulai tersegmentasi, GR Supra 3.0 lebih enjoy di kecepatan lurus, sementara GR Supra 2.0 punya getaran mesin ringan.

"GR Supra 3.0 punya tenaga yang massive serta ketenangan," tutur Matthew DeBord. "Cukup ganas di track lurus tanpa turbo lag, atraktif di tikungan dan handling yang cukup sempurna," imbuhnya.

Tapi kenapa Toyota memperkenalkan dua unit GR Supra sekaligus? Dengan bentuk sama dan hanya beda di mesin. Sedangkan GR Supra 3.0 2021 diuntungkan dari varian GR Supra yang sama dari tahun 2020. Tenaga lebih besar 50 hp, dari 335 menjadi 382 hp.

Setiap tipe Supra sudah Matthew coba, namun benar-benar memberikan experience sendiri dan itu mengalir dalam tubuhnya. Diluar bentuk ekstrior yang masih menggunakan titik ventilasi yang fake. Setiap sudut punya karakter, terlebih dengan lampu LED. 

Perubahan sudut body tidak terlalu banyak, sementara bonnet depan nan panjang susah mengukur titik ground, sehingga harus lebih cermat ketika memasuki jalanan yang miring.

Bagian buritan diakhiri dengan spoiler yang tidak lazim (flipped up). Bagian diffuser dibikin cukup sederhana, namun cukup fungsional dengan tambahan riverse light ala formula 1.

Dual exhaust dengan sentuhan maksimal,dan secara keseluruhan desain GR Supra punya ciri khas, dan experience yang perlu digali. Desainer Supra Nobuo Nakamura telah mengeksekusi visi keseluruhan desain GR Supra. 

Bagasi belakang mampu memuat barang 283 liter, mampu untuk 2 koper besar dan satu koper kecil. Namun untuk tas golf Anda, sebaiknya berfikir ulang membawanya.  Bagian dari interior didesain cukup sederhana. Dua kursi yang nyaman untuk sebuah sport coupe, namun dengan gaya sporty, interior cukup memadai. 

Pada ruang kemudi, steer sudah dibekali kulit, dan fitur fungsional. Dan lagi-lagi instrument cluster dibuat cukup sederhana, namun fungsional tetap maksimal, dengan bantuan HUD (head up display). Gaya sport coupe diperkaya dengan paddle shift untuk gaya mengemudi otomatis-manual. Efek kejut akselerasi cukup terasa saat throttle dibejek dan visibilitas berkendara yang memang harus dipelajari saat menggunakan GR Supra 3.0.

Penggunaan joystick shifter perlu pembiasaan, begitu juga bakal Anda kuasai dalam beberapa saat. Sementara knob dan tombol gaya BWM iDrive-ish. Layar infotainmen 8,8 inci  punya sistem  navigasi khusus, konektivitas bluetooth dan port USB yang terintegrasi.

Dibalik hood, GR Supra 3.0  dibikin lebih kencang 382 Hp dengan mesin 6 silinder segaris.  Tenaga yang besar dikirim melalui transmisi otomatis 8 percepatan. Sementara Supra GR 3.0 pertama dibatasi hanya 335 hp saja. Akselerasi dari 0-98 kph, tahun 2020 sekitar empat detik, sedangkan GR Supra 2021 lebih cepat.

GR Supra 3.0 dilahirkan dengan gen sportster  coupe. Lebih ergonomis, dari segi kenyamanan dan fitur fungsional, karena Toyota mampu menjinakkan oversteer dengan tenaga badak 382 hp, suspensi dan mesin bekerja secara kolaboratif, dalam setiap perubahan kecepatan. Sedangkan GR Supra 2.0 lahir sebagai  sport coupe dengan kecepatan alami.[Ahs/timBX]  

Tags :

#
gr supra,
#
toyota supra,
#
gr supra 3.0,
#
sedan sport coupe