MENU
icon label
image label
blacklogo

Gold Standard, Motor Honda Era 90’an Dengan Desain Unik

SEP 21, 2020@17:30 WIB | 405 Views

Tiago Gonçalves dan Luis Gonçalves dari Unik Edition sedang berkembang pesat. Duo Portugal itu pertama kali dikenal sekitar empat tahun lalu, dan sekarang memiliki tujuh crew di toko mereka. Dalam dua tahun terakhir Unik telah berstatus profesional dan mengirimkan 28 custom.

Meski memiliki nama keluarga yang sama, Tiago dan Luis bukanlah saudara, tetapi mereka memiliki kesamaan visi dan pandangan yang baik dalam hal gaya. Honda CB750 Seven-Fifty 1996 ini adalah mesin terbaru yang diluncurkan Unik, dan ini merupakan perjalanan yang agak berliku.

“Proyek ini sangat menantang,” kata Tiago. “Pertama kali kami bertemu Francisco (pemilik motor), dia sedang meneliti bengkel yang dapat menyesuaikan CB750 Seven-Fifty miliknya.”

Itu terjadi pada tahun 2016, dan Francisco akhirnya memilih builder lain. Tapi setelah motor itu dibongkar di sana, tidak ada lagi yang bisa dilakukan. Awal tahun ini tiba di garasi Unik Edition di Moscavide, sebelah utara Lisbon.

“Itu adalah campuran suku cadang baru, suku cadang lama yang untuk diperbaiki, dan suku cadang yang dibuang,” kata Tiago. "Builder lain pasti tahu perasaan itu."

Yang membuat hal menjadi lebih rumit, klien tidak tahu apa yang diinginkannya. “Setelah melihat ribuan foto, dia menginginkan semua yang dia lihat,” kata Tiago. “Merupakan tantangan untuk menemukan kesamaan, dan membuat suku cadang untuk melengkapi motor.”

Seven-Fifty yang diproduksi 90-an adalah kelas menengah air-cooled dengan versi mesin CBX yang dilepas, yang menghasilkan 73 hp. Dikenal sebagai Nighthawk di AS, ini ternyata adalah mesin yang tangguh dan andal yang masih populer hingga saat ini di pasar barang bekas, terlepas dari spesifikasi sederhana.

Itu membuatnya menjadi kandidat yang sangat baik untuk pekerjaan custom, dan Unik Edition menjadi salah satu builder yang semakin diperhitungkan.

UJM terbaru terlihat sangat menakjubkan dari depan ke belakang. Yang terdepan adalah garpu GSX-R, dihubungkan melalui triple tree custom mesin CNC dengan penghitung kecepatan inset Motogadget. Garpu baru dipasangkan dengan sepasang shock Öhlins, untuk posisi lebih rendah yang juga meningkatkan dinamika handling.

Ada velg baru 17 inci Kineo depan dan belakang, menambahkan sentuhan simetri dan mengurangi beban. Velg belakang juga lebih lebar, untuk tampilan yang lebih kekar daripada body, dan dilapisi dengan karet 180 / 55-17.

Sistem pengereman telah dibangun kembali, dan kaliper belakang dipindahkan untuk bekerja dengan roda Kineo.

Motor inline four bulletproof, tetapi crew Unik masih membukanya untuk dirombak. Mereka memasang kepala silinder baru, dan membangun kembali serta menyemprot ulang carb. Penutup mesin telah disempurnakan, dan sistem pembuangan khusus dipasang.

Sekarang pengaturannya adalah 4-into-2-into-4, TIG dilas menggunakan baja tahan karat. Asupan baru dengan filter K&N membebaskan pernapasan, sehingga akan ada peningkatan daya yang berguna.

Bagian belakang motor ini semuanya baru, dengan kursi cafe kulit klasik yang menunjukkan detail melengkung pada tangki. Baterai dan beberapa komponen listrik telah dipindahkan ke kotak kecil di bawah subframe baru, membebaskan ruang di bawah jok yang sebagian tersembunyi oleh penutup samping baru.

Ada wiring loom baru yang terhubung ke rangkaian lengkap tombol dan sinyal belok Motogadget, ditambah sistem pengapian m.lock RFID dan lampu depan LED Koso 'Thunderbolt', dipasang pada braket khusus dengan rapi.

Setelah membuat sepasang spatbor yang dapat menahan ban, Seven-Fifty dibawa ke Johnny Ink untuk dihias dengan warna hitam dan emas, dan efeknya menakjubkan.

“Francisco ingin 'meningkatkan standar' untuk standar finishing Unik Edition,” Tiago menjelaskan. “Bahkan sekrup pada motor ini harus lebih dari sempurna, sesuatu yang telah kami capai, dengan tetap mempertahankan tampilan 'retro futuristik'.”

Francisco menyebut Honda 'Laurus' -nya, mengacu pada daun Laurus nobilis yang digunakan untuk karangan bunga laurel tradisional yang disajikan di podium motorsport,” kata Tiago. “Ini mencerminkan semangat café racing, menjadi yang pertama, atau menjadi pemenang.”  [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
modifikasi honda,
#
motor custom,
#
tiago gonçalves,
#
luis gonçalves