MENU
icon label
image label
blacklogo

Geely dan Renault Joint-Venture Untuk Membuat Mobil Hybrid?

DEC 22, 2021@17:30 WIB | 249 Views

Menurut laporan, tampaknya raksasa otomotif Tiongkok, Geely dan pabrikan asal Prancis, Renault akan segera mengumumkan kesepakatan Joint-Venture untuk memproduksi mobil Hybrid Geely di Korea Selatan, dan mungkin akan mengekspor mobil bebas bea ke Amerika Serikat.

Usaha patungan ini telah berjalan sejak awal tahun ini, dan juga dapat melibatkan operasi bersama di Tiongkok, yang akan memungkinkan Renault untuk memulai kembali operasinya di Negara Tirai Bambu. Renault kemudian akan membentuk merek baru yang berfokus pada plug-in hybrid, yang akan mereka kelola bersama dengan Geely.

Mobil-mobil baru ini akan menggunakan apa yang disebut Compact Modular Architecture (CMA), yang dibagikan oleh Geely dengan Volvo. JV juga akan menggunakan rantai pasokan dan fasilitas manufaktur Geely di China.

Sementara Renault akan menangani aspek desain, serta penjualan dan pemasaran merek baru tersebut. Dari sudut pandang Geely, ini juga bisa membuat mereka memiliki pijakan produksi di Korea Selatan, ditambah akses ke fasilitas manufaktur Renault, di mana Renault telah membuat mobil selama lebih dari 20 tahun melalui unit Samsung Group.

Salah satu model yang mungkin ingin diproduksi Geely di pabrik Renault di Korea Selatan adalah SUV Lynk & Co 01, yang saat ini tersedia sebagai mobil plug-in hybrid, conventional hybrid, dan non-hybrid.

Di sinilah ceritanya menjadi lebih menarik. Menurut beberapa sumber, Geely akan "masuk dari pintu belakang" di pasar AS jika kesepakatan ini berhasil, diuntungkan dari perjanjian perdagangan bebas Korea Selatan dengan Amerika Serikat. Akibatnya, mereka dapat mengekspor model Lynk & Co ke AS.

Adapun Renault-Samsung, mereka dapat membuat versi mereka sendiri dari berbagai produk Lynk & Co, dalam upaya untuk memicu pertumbuhan penjualan secara lokal di Korea Selatan, di mana mereka telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
geely,
#
renault