MENU
icon label
image label
blacklogo

FP1 Sirkuit Marco Simoncelli Dikuasai Pembalap Satelit Yamaha

SEP 13, 2019@19:30 WIB | 186 Views

MotoGP Misano bakal menyajikan pertarungan seru pembalap MotoGP dari brand-brand kelas atas. Honda, Yamaha, Ducati, Aprilia bahkan KTM. Lantas Suzuki kemana? Suzuki di Misano mempersiapkan balap dengan caranya yang silent, secret namun menghasilkan podium dan itu bukan pujian melainkan fakta.

Misano atau Sirkuit Marco Simoncelli dalam pengalaman tim Suzuki Ecstar,  telah memberikan raihan yang cukup memuaskan. Sirkuit ini memiliki karakter tikungan cepat, tikungan lambat, beberapa titik hard braking, dan flowing sections.  Itu artinya setup motor setiap pembalap harus selalu seimbang, artinya performa motor bisa berkompromi namun disisi lain memanfaatkan kelebihan tiap motor untuk memacu di titik limit tertinggi. 

Tentunya hal itu didukung dengan setingan mesin dan pilihan ban yang tepat untuk kondisi aspal Misano. Sirkuit ini menuntut akselerasi keras, cara kelola ban belakang yang baik serta traksi yang sesuai (anti wheelie).  Disamping itu paket aerodinamika  memainkan peran yang lebih besar. Dan Suzuki GSX RR memiliki fenomena khusus di sektor 3, dimana dititik itu, GSX RR bisa ditarik full throttle. Buktinya Rins meraih peringkat 4 MotoGP di tahun 2018 dan 2 kemenangan yang sama  di kelas Moto3. 

Terlihat dari FP1 di Misano yang berlangsung pagi tadi, dimana Fabio Quartararo dan Marquez saling bergantian memimpin  waktu tercepat. Sang rookie Prancis tersebut membubuhkan waktu 1 menit 33.516 detik  sedangkan Marquez menguntit di catatan waktu 1 menit 33.575 detik menggunakan ban belakang medium.

Sementara Vinales menempatkan posisi ketiga dengan catatan 1 menit 33.599 detik. Sementara Michelle Pirro sebagai tester Ducati menempatkan waktu terbaik keempat 1 menit 33,704 detik. Terbaik kelima dihuni oleh Aleix Espargaro dari tim Aprilia dengan 1 menit 33,762 detik disusul dengan sang adik Pol Espargaro dari KTM Red Bull dengan catatan 1 menit 34.002 detik. 

Tak lama sebelum penutupan FP1, Quartararo memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 33.153 detik, sebelum hampir tergelincir di tikungan kanan Curvone. Sementara Valentino Rossi meraih catatan waktu terbaik 1 menit 34.182 detik di posisi 9.  Dan duo suzuki tercecer di peringkat 12 dan 14. Alex Rins hanya bisa mencatatkan waktu terbaik 1 menit 34.284 detik. Sedangkan Joan Mir  menorehkan waktu mengesankan 1 menit 34.374 detik.

Dua pembalap mengalami kecelakaan seperti Andrea Iannone dan Jack Miller yang terjatuh di tikungan kiri Quercia. Sementara dua pembalap mengundurkan diri di FP1 karena cidera Miguel Oliveira dan Lorenzo. [Ahs/timBX]

Tags :

#
grand prix misano,
#
free practice,
#
fabio quartararo,
#
sirkuit marco simoncelli