MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Bertahap Kurangi Ketergantungannya Pada Teknologi EV VW

JAN 19, 2023@20:30 WIB | 141 Views

Ford dan Volkswagen memiliki kemitraan berkelanjutan dengan beberapa proyek usaha patungan, termasuk truk, kendaraan komersial ringan, dan teknologi kendaraan listrik. Namun, pabrikan mobil asal AS itu ingin mengurangi ruang lingkup bagian EV karena perlahan bergerak untuk meluncurkan produksi kendaraan listrik berdasarkan platform dan teknologinya sendiri. Pergeseran strategi Ford ini hanya menyangkut operasinya di Eropa, di mana Ford berniat menjual kendaraan listrik mulai tahun 2030.

Martin Sanders, manajer pengembangan EV Ford Eropa, mengatakan bahwa arsitektur MEB Volkswagen adalah teknologi transisi bagi perusahaan. Itu digunakan untuk menghemat waktu pengembangan Ford sekitar dua tahun tetapi pabrikan sekarang banyak berinvestasi dalam platform listriknya sendiri. Hingga pekerjaan pengembangan selesai, Ford tetap memproduksi dan menjual kendaraan listrik berbasis MEB.

Ford menggelontorkan dana sekitar 2 miliar dolar AS (Rp 30,3 triliun) ke pabriknya di Cologne untuk mempersiapkan kendaraan listrik berbasis MEB. Model pertama berdasarkan teknologi VW akan tiba pada kuartal pertama tahun ini dan akan berbentuk crossover kompak di segmen yang sama dengan VW ID.4. Sekitar setahun kemudian, "sport crossover" kedua akan bergabung dengan produksi yang direncanakan berlangsung di Cologne.

Pabrik Ford di Valencia juga akan mengalami transformasi besar. Pabrik saat ini sedang merakit S-Max dan Galaxy tetapi kedua MPV tersebut akan segera dihentikan produksinya. Ford akan mengonversi pabrik tersebut untuk membangun EV yang ditentukan perangkat lunak berdasarkan arsitektur merek itu sendiri. Mobil-mobil ini tidak akan menggunakan teknologi MEB.

"Kami akan menggunakan murni platform listrik sendiri di Valencia. Namun, saat ini masih terbuka kapan hal ini akan terjadi dan model apa yang akan kami buat di sana," komentar Sander. EV baru ini juga akan menggunakan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh Ford untuk fungsi kemudi semi-otonom. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ford,
#
vw,
#
ev,
#
volkswagen