MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Bronco Dengan Transmisi Manual Punya Keunggulan Lain, Seperti Apa?

AUG 03, 2020@17:00 WIB | 346 Views

Transmisi manual milik Bronco terbaru yang memiliki 7-speed ternyata memiliki sesuatu yang luar biasa, yaitu mampu menghadapi suatu medan dengan kondisi tertentu.

Di antara banyak fitur keren yang diperkenalkan dengan Ford Bronco beberapa waktu lalu, ada yang menonjol, yaitu sebuah gigi ditambahkan ke dalam transmisi manual, yang dirancang khusus untuk melakukan manuver pada kecepatan rendah.

Disebut gigi ‘crawler’, itu ditampilkan dengan huruf ‘C"’ pada shifter, dan memungkinkan pengemudi untuk melaju dengan nyaman pada kecepatan sangat rendah tanpa harus menyelipkan kopling.

Kontributor Road & Track, Jason Fenske, mengumpulkan video yang komprehensif di saluran YouTube-nya - Engineering Explained,

Saluran tersebut menguraikan keuntungan memiliki ‘crawler’, dan cara kerjanya ada di dalam drivetrain. Pada dasarnya, roda ‘crawler’ memiliki rasio yang sangat pendek (beberapa kali lebih pendek dari gigi pertama) yang bila dikombinasikan dengan transfer case berkecepatan rendah milik Bronco, memungkinkan mobil bergerak maju selambat-lambatnya 1 mph dengan kopling sepenuhnya keluar, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan pada gigi pertama. Itu membuatnya sempurna untuk mengemudi dengan hati-hati melewati rintangan yang berat atau medan yang bergerigi tanpa harus khawatir merusak kopling.

Roda ‘crawler’ juga memiliki keuntungan lain, yaitu torsi roda meningkat. Gearing yang lebih pendek pada dasarnya mengalikan jumlah torsi yang berasal dari mesin, menyamakan dengan beberapa angka yang dianggap berlebihan.

Fenske menghitung bahwa Bronco dapat menghasilkan torsi roda lebih dari 29.000 lb-ft di ‘crawler’nya, atau sekitar empat kali jumlah yang diklaim Tesla.

Tentu saja, angka itu tidak banyak berarti karena ban Bronco hanya dapat menghasilkan sekitar 6 mph untuk begitu banyak cengkeraman, dan kecepatan tertinggi di roda ‘crawler’. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ford bronco,
#
ford,
#
bronco