MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Akan Umumkan Kesepakatan Mesin Balap F1 Dengan Red Bull Racing Mulai 2026

FEB 04, 2023@17:00 WIB | 185 Views

Ford diperkirakan akan bergabung dengan Red Bull Racing di grid Formula 1 mulai 2026 melalui kesepakatan kemitraan untuk mesin. Pembuat mobil itu akan memberikan dukungan finansial dan teknis sebagai imbalan atas mesin yang akan digunakan oleh Red Bull Racing dicap sebagai produk Ford. Mesin sebenarnya akan dikembangkan sendiri oleh Red Bull Powertrains untuk peraturan mesin baru yang dijadwalkan dimulai pada musim 2026.

Berita kesepakatan dikonfirmasi pada Jumat pagi di New York ketika Red Bull Racing meluncurkan livery untuk musim F1 2023. Berita tentang kesepakatan itu bocor secara online setelah Ford membagikan persetujuannya dengan kantor berita Ansa, hanya untuk dipublikasikan secara tidak sengaja lebih awal, lapor BBC.

Kesepakatan Red Bull Racing dengan Ford datang hanya beberapa bulan setelah rencana kerja sama antara tim F1 dan Porsche gagal. Dalam hal ini, Porsche berencana untuk membeli 50 persen saham Red Bull Racing tetapi kesepakatan itu batal karena desakan kepala eksekutif Red Bull Racing, Christian Horner dan penasihat motorsport Helmut Marko bahwa mereka hanya akan menerima kesepakatan sponsor mesin. Sekarang tampaknya mereka telah mendapatkan kesepakatan sponsor mesin yang diinginkannya, meskipun dengan Ford.

Pembuat mobil Amerika ini memiliki sejarah panjang keterlibatan dalam dunia motorsport. Mereka pernah mendanai mesin Cosworth DFV V8 yang mendominasi Formula 1 dari 1967 hingga awal 1980-an. Ford juga memiliki tim Jaguar F1 di awal tahun 2000-an dan akhirnya menjual tim tersebut ke Red Bull setelah musim 2004.

Ford dapat bergabung di grid F1 dengan saingan lintas kota yaitu General Motors. Bulan lalu, GM menggandeng Andretti Autosport untuk meluncurkan tawaran masuk ke grid F1 2026 dengan mobil bermerek Cadillac. Sementara pakaian F1 Andretti akan mendapat sponsor dari GM, kemungkinan mereka akan bergantung pada Renault untuk urusan mesin. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ford,
#
f1,
#
formula 1,
#
red bull racing