MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Akan Meluncurkan Angkutan Umum Listrik di Tiongkok

MAY 04, 2018@15:00 WIB | 112 Views

Tiongkok memang sedang menggalakkan kendaraan listrik di negaranya, untuk mengurangi polusi akibat kendaraan. Di Beijing Motor Show kemarin, para produsen otomotif berlomba memamerkan kendaraan listrik mereka kepada pengunjung. Selain itu, insentif yang dikeluarkan pemerintah untuk setiap kendaraan listrik, semakin menggairahkan potensi perkembangan kendaraan jenis tersebut di Tiongkok.

(Ford memang sedang mengejar penjualan kendaraan listrik di Tiongkok)

Namun, Ford tidak hanya memperkenalkan mobil listrik di Tiongkok. Pabrikan asal Amerika Serikat itu justru merambah ke dalam angkutan umum, yang nantinya akan menggunakan tenaga listrik. Untuk itu, Ford akan bekerjasama dengan perusahaan lokal, agar keinginan pabrikan tersebut dapat terwujud. Di Amerika Serikat sendiri, keinginan dari Ford tersebut mulai terwujud, dan akan dimulai pada 2020 mendatang. 

(Kali ini Ford akan membuat kendaraan listrik yang dikhususkan untuk angkutan umum)

Tahun lalu, Ford mendirikan usaha patungan dengan produsen otomotif lokal, Anhui Zotye Automobile Co untuk meluncurkan kendaraan listrik terbaru di Negeri Tirai Bambu, dan berencana untuk meluncurkan 15 kendaraan listrik lagi dengan merk Ford di Tiongkok. Untuk membangun angkutan umum listrik tersebut, Ford juga akan bekerjasama dengan Zoyte dan mendirikan perusahaan patungan yang lain.

Menurut Boston Consulting Group, pasar angkutan umum lokal akan tumbuh 19 persen per tahun hingga 2022, dengan pertumbuhan armada secara keseluruhan mencapai hingga 26 juta unit.

(Sebagai tindak lanjut dari keinginan Ford itu, pabrikan AS itu bekerjasama dengan Zoyte)

Didi, penguasa angkutan umum di Tiongkok, telah mengklaim sebagai operator armada mobil listrik terbesar di dunia dengan memiliki 260.000 unit kendaraan listrik.

Ford dan Zotye telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mendirikan usaha patungan tersebut dan mereka akan menginvestasikan US $ 20 juta untuk usaha patungan tersebut. Usaha baru Ford berencana untuk menawarkan layanan penyewaan kendaraan listrik, solusi manajemen armada, layanan digital di dalam kendaraan, serta jasa elektrifikasi lainnya.[prm/timBX] 
 

Tags :

#
autonews,
#
ford,
#
tiongkok,
#
angkutan umum