MENU
icon label
image label
blacklogo

First Drive: All New KIA Sportage Melebihi Ekspektasi

OCT 06, 2017@19:00 WIB | 216 Views

Setelah sekian lama muncul di berbagai pameran berskala internasional, akhirnya PT KIA Mobil Indonesia memberanikan diri menyediakan tiga model terbarunya sekaligus untuk diuji pada awak media massa nasional di Ancol, Jakarta Utara.

Meski trek yang disediakan belum begitu memadai untuk menguji ketiga kendaraan tersebut secara komprihensif, setidaknya bisa memberikan impresi awal seperti apa mobil-mobil ini nantinya di jalanan Indonesia. Ada tiga model yang disediakan dalam event yang bertajuk ‘KIA Media Drive’ ini, yakni All New KIA Rio, All New KIA Sportage dan All New KIA Grand Sedona.

Memang Blackxperience berkesempatan menguji semua model tersebut, namun ada satu model yang jadi fokus kami. Karena penampilannya yang sedikit eksentrik. Yakni, All New KIA Sportage. Mobil berjenis Crossover ini sekarang mengalami pembaruan yang cukup signifikan di semua aspeknya. Pada bagian eksterior Sportage terbaru tidak lagi memakai garis-garis tajam pada lekuk bodinya, headlamp LED juga dibuat lebih sipit dan lebih tinggi untuk memperbaiki kualitas pencahayaan dan memperbaiki tampilannya.

Unik lagi pada lampu kabut berjumlah 4 lampu kecil pada tiap sisi sehingga total ada 8 lampu kecil, sedangkan bagian gril didesain ulang lebih casual sehingga terlihat lebih sopan saja mobil ini. Pada bagian velg juga dirubah dengan memberikan lekuk-lekuk berubah dari yang dulunya pilar-pilar velg tegas kini diberi lekuk.

Sepertinya desain KIA Sportage 2017 ini memang secara umum menghilangkan garis-garis dan menggantinya dengan lengkung yang membuat lebih nyaman dilihat. sedangkan nantinya dimensi Kia Sportage 2017 ini mempunya panjang 4480 mm, lebar 1855, tinggi 1645 mm dan whelbase 2670 mm.

Masuk ke dalam kabin, KIA masih mengandalkan posisi duduk yang cukup rendah. Hal ini sedikit mengurangi visibilitas berkendara. Tapi jangan khawatir, jok kulit elektriknya bisa ditinggikan sesuai selara Anda. Pandangan ke belakang juga lebih luas, dimensi kaca belakang lebih besar sehingga tidak menyusahkan saat parkir khususnya, meski ada bantuan rear view camera.

Berbagai fitur yang kami temukan pada All New KIA Sportage 2017, sejatinya fitur-fitur layaknya fitur sedan mewah. Namun semuanya dipasang di sini, Maklum, unit yang kami ciba adalah tipe GT Line Ultimate, fitur seperti cruise control, climate control air conditioned dan auto up and down power window semuanya ada untuk menambah kenyamanan berkendara. Menggunakan keyless entry, bisa menghidupkan mesin 2.000 cc KIA Sportage hanya dengan sentuhan pada tombol start and stop-nya.
Cukup kagum dengan performa All New Kia Sportage ini. Dengan hanya menyentuh sedikit pedal gas, mobil ini langsung menunjukkan taringnya. Mesin bensinnya tenaganya biasa saja untuk mobil seukurannya, 158 HP. Namun dengan adanya pilihan Sport Mode akselerasi jadi semakin galak ketika semakin dalam pedal gas ditekan.

Meski memiliki tenaga dan torsi sedang, All New Kia Sportage cukup nyaman saat melibas trek gravel yang ada. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda yang hendak meminang kendaraan ini. [bil/timBX]

Tags :

#
all new kia sportage,
#
kia sportage,
#
kia,
#
blackauto,
#
autonews