MENU
icon label
image label
blacklogo

Ferrari SP 38, Perpaduan Antara F40 dan 308 GTB

MAY 24, 2018@14:00 WIB | 743 Views

Ferrari meluncurkan salah satu model terbarunya, SP38. Pabrikan yang bermarkas di Maranello tersebut menggabungkan desain “vintage” dari dua supercar pendahulunya, F40 dan 308 GTB. Dari dalam body terbaru yang dimiliki SP38, ternyata terdapat jantung pacu dan struktur teknologi dari Ferrari 488GTB.

(Ferrari baru saja meluncurkan seri SP38)

Supercar cantik tersebut seakan-akan mengekspresikan inovasi yang dilakukan oleh teknisi di Maranello. Tidak hanya dari kecantikan bodi saja, Ferrari memberikan jantung pacu untuk SP38 dengan mesin V8 twin turbo. Karena mesin besar ini, bagi Ferrari sedikit rumit untuk membuat badan supercar tersebut selain cantik, namun harus menyediakan aliran udara yang cukup untuk mendinginkan mesin yang juga dimiliki seri 488.

Ferrari mengatakan pemilik supercar ini nantinya harus mengikuti tes di Sirkuit Tes Fiorano, untuk lebih mengakrabkan antara mobil dengan pengendaranya. Sebagai masukan, SP38 didesain khusus oleh Ferrari agar dapat meluncur di lintasan balap maupun di jalan raya.

(Mobil ini perpaduan dari beberapa pendahulu Ferrari yaitu F40 dan 308GTB)

Ferrari Design Center yang bertanggung jawab atas tampilan baru SP38 mengatakan, desain tersebut memberikan karakter terbaru bagi SP38. Mobil ini membentuk irisan tajam dari belakang ke bagian depan. Lampu depan yang tipis mencerminkan visi pelanggan yang gemar dan berhasrat untuk balapan, ditambah dengan cat metalik berwarna merah menyala.

Desain bumper depan yang ramping berasal dari inspirasi dari Ferrari 308GTB. Sementara lekukan-lekukan yang ada di belakang berguna untuk lubang udara yang akan mendinginkan mesin V8 nya.

(Mesinnya diambil dari seri 488GTB)

Balik lagi ke belakang, desain penutup mesin dibelakang terinspirasi dari F40. Keseluruhan perakitan bagian ini menggunakan carbonfibre. Selain itu, spoiler belakang juga diambil dari inspirasi F40, meskipun tidak setinggi yang dimiliki oleh supercar pendahulu tersebut.

(Rencananya akan diperkenalkan secara luas 26 Mei mendatang)

Mengenai interior, saat ini Ferrari belum ingin mengumumkan apa saja yang ada di dalam interiornya. Namun ferrari membocorkan sedikit mengenai desain interiornya dengan mengatakan keseluruhan interior menggunakan bahan jahitan asli. SP38 akan ditampilkan ke publik pada 26 Mei mendatang di di Concorso d'Eleganza Villa d'Este.[prm/timBX]
 

Tags :

#
autonews,
#
ferrari,
#
sp38