MENU
icon label
image label
blacklogo

Fernando Alonso Memilih untuk Mengakhiri Kariernya di Formula 1

AUG 16, 2018@08:00 WIB | 334 Views

 (Fernando Alonso tak akan berkompetisi di F1 2019)

Jelas sudah soal masa depan Fernando Alonso di kancah Formula 1. Setelah berpikir dalam waktu yang cukup panjang, akhirnya Alonso memutuskan untuk pensiun dari Formula 1. Dengan begitu, ini adalah musim terakhirnya berkarier sebagai pembalap F1.

Pilihan Fernando Alonso untuk pensiun dari Formula 1 bukanlah satu hal yang mengejutkan. Sebab, selain mempertimbangkan perpanjangan kontrak dari McLaren, pembalap berumur 37 tahun ini memang menjadikan pensiun sebagai rencana lain.

 (Mobil Fernando Alonso)

Dalam pernyataan yang dibuat Alonso, keputusan pensiun ini dipilih karena dirinya ingin mendapatkan pengalaman dan kehidupan baru diluar Formula 1. Hanya saja, Alonso tidak memberi bocoran soal apa yang akan dilakukannya setelah ini.

Fernando Alonso belum mau membahas soal masa depannya karena ia ingin fokus menjalani seluruh sisa rangkaian balap Formula 1 musim ini bersama McLaren dengan penuh komitmen dan semangat sebagai bentuk terima kasih.

 (Fernando Alonso memulai kariernya bersama Minardi pada 2001)

Napak tilas perjalanan karier Fernando Alonso. Pembalap dengan nomor mobil 14 ini memulai debutnya pada seri pembuka Formula 1 2001 yang berlangsung di Melbourne Grand Prix Circuit, Australia bersama tim Minardi.

Dua tahun kemudian, Fernando Alonso pindah ke Renault. Boleh jadi di tim asal Prancis inilah pria kelahiran Oviedo, Spanyol, ini berhasil mencapai puncak kariernya. Pasalnya, kemenangan pertamanya di Formula 1 didapat pada 2003 bersama Renault.

 (Fernando Alonso pernah dua kali menjadi juara dunia Formula 1)

Bukan hanya sukses meraih kemenangan perdana, bersama Renault, Fernando Alonso juga berhasil meraih gelar juara dunia Formula 1 secara berturut-turut pada 2005 dan 2006 alias di dua musim terakhirnya bersama Renault.

Setelah melewati masa keemasan di Renault, Fernando Alonso pindah ke McLaren pada tahun 2007. Kariernya bersama McLaren waktu itu tidaklah berjalan mulus karena keduanya sempat mengalami konflik yang membuat tim asal Inggris ini memutus kontrak Alonso.

 (Fernando Alonso pernah membela Ferrari selama empat musim)

Pasca diputusnya kontrak Alonso oleh McLaren, pada 2008, pembalap bernama lengkap Fernando Alonso Diaz ini akhirnya kembali ke Renault dengan durasi kontrak selama dua musim. Sayangnya, Alonso gagal menunjukkan performa terbaik yang dimilikinya seperti saat pertama kali membela Renault.

Sadar sudah tak mampu lagi memberikan hasil yang terbaik untuk Renault, pada 2010, Fernando Alonso hijrah ke Ferrari untuk menggantikan posisi Kimi Raikkonen yang sedang istirahat dari kompetisi Formula 1.

 (Felipe Massa pernah jadi rekan satu tim Fernando Alonso)

Hadirnya Fernando Alonso di Ferrari ternyata disambut baik oleh jajaran manajemennya. Pasalnya, saat kontrak Alonso sudah hampir habis, Ferrari selalu memperpanjangnya. Ini terus terjadi sampai akhirnya Alonso meninggalkan Ferrari pada 2014.

Walau sempat memiliki hubungan yang kurang baik dengan McLaren, namun setelah meninggalkan Ferrari, Fernando Alonso kembali lagi ke McLaren dan menjadi rekan satu tim rival terdekatnya waktu itu, Jenson Button.

 (Fernando Alonso dan Jenson Button pernah berada dalam satu tim)

Entah karena faktor usia atau hal lainnya, sejak kembali lagi ke McLaren, Fernando Alonso kerap menemui kesulitan dan terseok-seok saat menjalani balapan. Hal tersebut bahkan masih terjadi sampai musim terakhirnya ini.

Dengan begitu, bisa dipastikan kalau di musim terakhirnya ini, Alonso hanya bisa finish di peringkat 10 besar. Karena sekarang, pembalap senior ini menduduki peringkat kesembilan klasemen sementara pembalap Formula 1 dengan koleksi 44 poin. [APSG/timBX]

Tags :

#
formula 1,
#
fernando alonso,
#
mclaren,
#
ferrari,
#
renault,
#
minardi,
#
auto sport