MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Wabah Virus Corona, Grand Prix F1 Australia Resmi Dibatalkan

MAR 15, 2020@10:00 WIB | 193 Views

Penyelenggara Grand Prix Australia, Formula 1 dan FIA telah sepakat untuk membatalkan putaran pembuka musim di Melbourne karena wabah virus corona.

Beberapa jam setelah McLaren mengundurkan diri dari perlombaan setelah salah satu anggota stafnya dipastikan terkena virus corona, ketua tim F1 berkumpul untuk membahas langkah-langkah selanjutnya.

Kabar terakhir menyatakan bahwa dalam pembicaraan dengan tim FIA dan F1, mayoritas tim mengatakan mereka tidak ingin memaksakan acara tersebut.

Sumber menunjukkan bahwa badan pengurus mengatakan akan menerima keputusan mayoritas tim sehingga sekarang akan diputuskan untuk membatalkan acara.

Setelah beberapa jam tanpa kabar lanjutan dari pihak F1, tidak jelas apa langkah selanjutnya adalah pembatalan acara balapan.

Ketidakjelasan lebih lanjut muncul ketika panitia mengatakan bahwa mereka mendukung dengan acara tersebut, sementara beberapa pembalap dilaporkan telah menuju ke bandara untuk penerbangan pulang.

Kemudian juga diumumkan bahwa penggemar tidak akan diizinkan masuk ke sirkuit jika balapan akhir pekan diberlakukan.

Pernyataan dari penyelenggara berbunyi, "Pada jam 9 pagi, Grand Prix Corporation Australia disarankan oleh Formula 1 tentang niat mereka untuk membatalkan semua kegiatan Formula 1 di Grand Prix Australia Formula 1.

"Sehubungan dengan keputusan ini dan saran yang diperbarui dari Kepala Petugas Kesehatan Departemen Layanan Manusia dan Kesehatan Pemerintah Victoria, Grand Prix Australia Corporation mengonfirmasi Formula 1 Grand Prix Australia segera dibatalkan.

"Tadi malam seorang anggota tim balap McLaren dinyatakan positif mengidap virus COVID-19. Tujuh orang lagi memiliki hasil negatif, membenarkan bahwa mereka tidak memiliki virus COVID-19.

"Selain itu, individu kesembilan telah dinilai dan diuji untuk virus COVID-19, dengan hasil tes ini tertunda. Individu ini tidak terkait dengan tim Formula 1, FIA atau pemasok terkait.

"Prioritas pertama kami adalah keselamatan semua orang termasuk peserta, personel kami, semua mitra acara dan anggota masyarakat setempat.

"Informasi lebih lanjut mengenai pengembalian uang untuk pemegang tiket akan dikomunikasikan pada waktunya."

Delapan personel F1 telah diuji untuk COVID-19 sejak kedatangan di Melbourne, dengan tujuh tes memiliki hasil negatif.

Pada hari Kamis, McLaren mengumumkan akan mengundurkan diri dari perlombaan setelah tes mengkonfirmasi seorang personilnya telah terinfeksi.[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
virus corona,
#
grand prix f1 australia