MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Tahun 2021, Formula 1 Kedatangan Tim Baru?

OCT 06, 2019@18:00 WIB | 246 Views

Kabarnya, sebuah tim baru yang dikaitkan dengan Campos Racing memiliki target untuk masuk ke ajang Formula 1 pada tahun 2021. Pascal Wehrlein, mantan anak didik Mercedes akan menjadi salah satu pembalap dalam tim tersebut.

Pemilik tim, Adrian Campos dan Salvatore Gandolfo, ingin memanfaatkan perombakan aturan F1 pada tahun 2021 dan menggunakan dukungan finansial dari Monaco Increase Management (sebuah perusahaan yang didirikan oleh Gandolfo).

Campos telah terlibat dalam beberapa proyek F1 sebelumnya, yang terbaru sebagai kekuatan pendukung di belakang entri yang disebut Hispania (HRT) pada tahun 2010.

Saat berkolaborasi dengan MIM, tersiar kabar bahwa telah terjadi pertemuan dengan kepala F1 (Chase Carey dan Ross Brawn). Sementara Gandolfo pun mengaku memiliki soliditas finansial yang diperlukan oleh FIA untuk membuat proyek ini sukses.

Brawn mengatakan pada Agustus lalu bahwa ada minat mengejutkan dari tim-tim baru yang potensial, dan salah satunya bernama Panthera Team Asia. Akan tetapi tim-tim tersebut diminta untuk menunggu sampai tahun 2022.

Prospek tim baru juga sempat dibantah oleh presiden FIA (Jean Todt)  karena menginginkan sesuatu yang konkret dan dia belum menerima kontak dari tim yang relevan untuk bergabung ke F1.

Todt juga menambahkan bahwa tim yang tertarik itu belum selevel dengan Haas saat pertama kali bergabung dengan F1 pada tahun 2016. Namun kolaborasi Campos/MIM sedang berupaya untuk bergabung pada tahun 2021.

"Dengan batas anggaran terbaru, distribusi pendapatan baru, peraturan teknis dan olahraga yang baru, ada peluang besar bagi tim yang lebih kecil untuk bersaing, dan pada akhirnya berkompetisi di Formula 1," kata Gandolfo.

Kemudian, ahli aerodinamika F1 Ben Wood dan mantan kepala desainer Super Aguri Peter McCool kabarnya telah direkrut untuk proyek tersebut. McCool telah dipekerjakan sebagai direktur teknis dan Wood disiapkan sebagai kepala aerodinamika.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim insinyur profesional dengan latar belakang F1 telah berlangsung sejak akhir Juli untuk menetapkan kelayakan entri dan akan disimpulkan ketika peraturan baru F1 selesai pada akhir Oktober.

Proyek itu pun menyatakan bahwa sedang dalam tahap negosiasi lanjutan dengan tim F1 dan produsen mesin yang ada untuk mencapai kemitraan pada tahun 2021.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
campos racing,
#
haas,
#
tim baru