MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Ross Brawn Dukung Kebijakan Balapan Dua Hari di Formula 1

APR 14, 2020@17:05 WIB | 200 Views

Ross Brawn mengatakan bahwa mengadaptasi kalender Formula 1 untuk musim 2020 dengan melakukan balapan dua hari akan memungkinkan olahraga untuk mempersiapkan dan memaksimalkan musim yang dijadwalkan kembali.

Setelah penundaan dan pembatalan 9 balapan pembuka, kalender balapan tahun ini ditetapkan untuk perombakan besar di tengah pandemi virus corona dengan penyelenggara olahraga masih menargetkan hingga 19 balapan.

Kepala motorsport F1, Brawn, mengatakan timnya mencari semua opsi untuk menjadi tuan rumah balapan, dari melakukan acara tanpa penonton hingga balapan ganda. Sementara itu ia juga ingin bereksperimen dengan format dua hari untuk membantu masalah kalender.

Akhir pekan lomba secara tradisional F1 melihat media dan acara persiapan diadakan pada hari Kamis sebelum sesi latihan pada hari Jumat, kualifikasi pada hari Sabtu dan lomba pada hari Minggu. Brawn merasa memadatkan aktivitasnya menjadi dua hari akan membantu perencanaan logistik, terutama untuk balapan yang memanas seperti Grand Prix China, dan membuka lebih banyak kemungkinan saat merencanakan kalender 2020.

“Kami mungkin memiliki beberapa balapan dua hari untuk memenuhi kebutuhan logistik,” kata Brawn. "Misalnya China, sepertinya akan menjadi perlombaan dua hari jika kita terus maju karena untuk sampai ke sana dan pergi ke acara berikutnya yang kita rencanakan, itu bisa dengan mudah menjadi balapan dua hari.

"Tapi sistem ini harus melalui kesepakatan bersama, antara penyelenggara, sirkuit dan juga tim, bahkan untuk segala pemangku kepentingan dari Formula 1.

“Saya yakin jika ini bisa dijalankan, maka untuk beberapa musim berikutnya akan menjadi lebih baik, dan bisa jadi alternatif secara langsung jika ada masalah seperti ini lagi kedepannya.”

Brawn meyakini target untuk musim ini (19 balapan) dapat dipenuhi jika tindakan bisa dimulai pada bulan Juli setelah krisis virus corona mereda dan langkah-langkah kesehatan lebih tenang pada pertemuan publik dan perjalanan.

Saat ini, pembuka musim 2020 ditetapkan menjadi Grand Prix Prancis yang dijadwalkan 28 Juni 2020 sebagai bagian dari balapan beruntun dengan Grand Prix Austria pada 5 Juli 2020. [Dhe/Asl/timBX]

Tags :

#
ross brawn,
#
f1,
#
f1 musim 2020,
#
kepala motorsport f1