MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Rekor Formula 1 Milik Michael Schumacher dalam Ancaman?

JUL 21, 2020@20:00 WIB | 356 Views

Lewis Hamilton memiliki peluang untuk menaklukkan rekor sepanjang masa Michal Schumacher di Grand Prix Formula 1 musim ini.

Pembalap Mercedes itu mengklaim kemenangan ke-86 dalam karir F1-nya di Grand Prix Hungaria pada Minggu (19/7/2020), menjadi pemimpin kejuaraan dunia pembalap untuk pertama kalinya musim ini.

Kemenangan kedelapan Hamilton di Hungaria membuatnya menyamai prestasi Michael Schumacher lainnya dalam mencetak kemenangan terbanyak di sirkuit yang sama, sesuatu yang diraih sang legenda balap Jerman di bekas venue Grand Prix Prancis (Magny-Cours).

Kemenangan F1 terbaru membuat Hamilton semakin dekat dengan rekor Schumacher dalam meraih kemenangan terbanyak, hanya terpaut 5 kemenangan.

Jika Hamilton sanggup memenangkan empat balapan berikutnya secara beruntun, ia dapat menyamai rekor Schumacher di Grand Prix Italia (di Monza) dan berpotensi untuk mengalahkannya pada balapan ke-1000 Ferrari di sirkuit Mugello.

Itu mungkin terdengar mudah, namun ketika mempertimbangkan dua acara berikutnya akan diadakan di sirkuit Silverstone dan keunggulan mobil Mercedes, Valtteri Bottas bisa jadi ancaman serius untuk Hamilton.

"Aneh bagi saya karena saya ingat saat menonton Michael memenangkan semua balapan itu dan sekarang saya terlibat di dalamnya dan saya semakin dekat dengan jumlah kemenangan yang ia miliki," kata Hamilton.

"Saya menikmatinya, saya memiliki banyak kemenangan, dan saya masih belum menang sebanyak Michael. Itu mengingatkan saya pada dominasi dan keunggulan yang ia tunjukkan begitu lama. Dan saya bisa memahami posisi dia, saya bisa memahami tekanan yang dia alami. Ini sangat luar biasa."

Mercedes telah mendominasi musim 2020 sejauh ini dengan 3 kemenangan. Di Hungaroring, Mercedes menikmati keuntungan kinerja terbesar yang dimilikinya sejak pembuka musim 2015 di Melbourne. Mengingat Mercedes sejauh ini tampak tak terkalahkan di dua sirkuit yang sangat berbeda, mungkinkah itu pertanda buruk untuk beberapa waktu kedepan?

Hamilton belum pernah memenangkan lebih dari 5 balapan beruntun dalam karir F1-nya. Rekor 5 kemenangannya kembali pada tahun 2014 antara Grand Prix Italia dan Amerika Serikat. Dengan keunggulan 5 poin atas Bottas di klasemen, Hamilton juga berpeluang menyamai rekor Schumacher untuk meraih 7 gelar dunia musim ini.

Sejauh ini, 10 balapan telah dikonfirmasi pada kalender 2020. Setelah balapan ganda di Silverstone pada 2 Agustus dan 9 Agustus, F1 menuju Barcelona untuk Grand Prix Spanyol pada 16 Agustus.

Setelah istirahat seminggu, musim akan berlanjut dengan tiga balapan beruntun yang akan dimulai dengan Grand Prix Belgia pada 30 Agustus, sebelum Grand Prix Italia dan Grand Prix Tuscan yang diadakan pada 6 September dan 13 September masing-masing.

Grand Prix Rusia (di Sochi) pada 27 September adalah putaran ke-10 dan terakhir yang dikonfirmasi pada kalender yang telah direvisi. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
michael schumacher,
#
f1,
#
rekor formula 1,
#
lewis hamilton,
#
pembalap mercedes