MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Pirelli Tidak Mungkin Menyenangkan Semua Tim

JUN 18, 2019@10:00 WIB | 582 Views

Bos Mercedes Toto Wolff mengatakan Pirelli telah diberikan "tugas yang mustahil" untuk menyenangkan semua 10 tim Formula 1 setelah ada kritik untuk kembali ke ban spek 2018 lama.

Menyusul awal yang dominan bagi Mercedes pada musim 2019 ini - di mana ia telah meraih tujuh kemenangan beruntun dan mencatat lima posisi satu-dua - saingannya terdekatnya Ferrari dan Red Bull telah mengkritik keputusan Pirelli untuk memperkenalkan ban yang lebih tipis untuk tahun ini.

Kedua tim percaya bahwa Mercedes telah memperoleh manfaat dari langkah yang diambil oleh pemasok ban F1 tersebut, dengan penasihat motorsport Red Bull, Helmut Marko, menjadi yang terdepan untuk melobi Pirelli untuk kembali ke ban tahun lalu.

"Faktanya adalah, setiap tahun kami memiliki ban baru dari Pirelli," kata Wolff ketika diminta untuk menanggapi komentar Marko selama Grand Prix Canada kemarin.

"Kadang-kadang Anda berhasil memahaminya lebih cepat, kadang-kadang Anda harus kesulitan. “Tetapi sebagai pesaing yang adil di luar sana kita perlu melakukan yang terbaik dari apa yang diberikan kepada kita, kecuali jika itu menjadi masalah keamanan - seperti yang kita miliki di masa lalu.

“Pirelli telah diberi tugas yang mustahil. Kami memberi tahu mereka untuk memberi kami ban yang mengalami degradasi cepat sehingga strategi menarik, tetapi kemudian ketika ban terdegradasi orang-orang malah meminta ban untuk bertahan lebih lama.

"Jadi saya pikir kita perlu melindungi dan mendukung Pirelli dalam tugas mereka untuk menghasilkan ban yang mudah-mudahan cocok untuk semua orang dan ini hanya yang kita bisa lakukan dan tidak membiarkan diri kita terganggu oleh isu-isu yang tidak penting."

Agar ban diganti tengah-musim sebelum diterapkan, tujuh dari 10 tim F1 harus mendukung gerakan tersebut. Atau, FIA dapat memaksa melalui perubahan dengan alasan keamanan.

Berbicara kepada Sky Sports F1, kepala tim Red Bull Christian Horner, menanggapi komentar Marko, mengatakan: "Itu benar-benar berhasil dan menguntungkan mereka (Mercedes) dan menempatkan mereka di ritme yang sangat bagus.

"Ini untuk kita semua untuk mencoba mengejar itu. Hal terbaik adalah jika mereka kembali ke ban tahun lalu. Anda mungkin akan menemukan sembilan tim cukup senang dengan itu tetapi satu tim cukup tidak senang dengan itu." Demi dampak hiburan di F1, itu akan menjadi hal yang terhormat dari Pirelli untuk dilakukan." [bil/timBX]

Tags :

#
pirelli,
#
f1,
#
formula 1,
#
mercedes,
#
red bull,
#
ban,
#
auto news,
#
toto wolff,
#
helmut marko,
#
strategi ban