MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Pecahkan Rekor Milik Schumacher, Lewis Hamilton Tetap ‘Low Profile’

AUG 18, 2020@18:30 WIB | 384 Views

Lewis Hamilton tetap ‘rendah hati’ menjadi pemegang rekor podium terbanyak sepanjang masa Formula 1 dengan mengungguli Michael Schumacher di Grand Prix Spanyol hari Minggu (16/8/2020).

Hamilton meraih kemenangan dominan di Circuit de Barcelona-Catalunya pada hari Minggu untuk memperpanjang keunggulannya di puncak klasemen pembalap F1 menjadi 37 poin. Hasilnya menandai kemenangan ke-88 dalam karir F1-nya, membuatnya hanya tertinggal tiga kemenangan dari rekor milik Schumacher dengan 91 kemenangan.

Tapi setelah menyamai rekor lama Schumacher dengan 155 podium di Silverstone satu minggu sebelumnya, hasil di Spanyol membuat Hamilton naik podium untuk ke 156 kalinya. Schumacher telah menjadi pemegang rekor podium F1 sejak Grand Prix Inggris 2002, ketika dia melampaui tolok ukur sebelumnya dari 106 podium milik Alain Prost.

Ditanya tentang mengalahkan rekor podium Schumacher setelah mencetak kemenangan di Spanyol, Hamilton mengatakan dia merasa ‘sangat aneh’ untuk mengalahkan penghitungan yang dibuat oleh pembalap yang dia kagumi saat memulai balapan. “Kami semua pembalap di sini tumbuh dengan menonton Michael dan bermimpi suatu hari berada di sini,” kata Hamilton.

“Apa yang terjadi saat ini jauh melampaui apa yang saya impikan sebagai seorang anak. Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang saya dapatkan setiap hari. Saya pikir Michael merupakan atlet dan pembalap yang luar biasa, itu sangat jelas.

“Jadi saya selalu merasa sangat rendah hati dan terhormat untuk disebutkan dalam catatan yang sama dengan pembalap seperti dia, dan Ayrton (Senna) dan (Juan Manuel) Fangio. Ini sangat keren. Dan saya berharap keluarga Hamilton juga bangga.”

Hamilton telah berdiri di podium lebih dari 60% balapan yang diikutinya sejak melakukan debut pada tahun 2007.

Persentase podium Schumacher adalah 50,32%, dengan finish tiga besar terakhirnya terjadi pada Grand Prix Eropa 2012 di Valencia.

Pembalap yang membuat lebih dari satu start grand prix, Hamilton membuntuti Luigi Fagioli dan Fangio untuk tingkat konversi podium.

Fagioli mencetak enam podium dalam tujuh start F1 antara 1950 dan 1951, setara dengan hit rate lebih dari 85%, sementara Fangio membuat tiga besar dalam 35 dari 52 start balapan (67,31%).

Rekor berikutnya dari Schumacher yang di depan mata untuk Hamilton adalah penghitungannya dari 91 kemenangan balapan, yang bisa dia pecahkan di Grand Prix Rusia pada bulan September harus memenangkan empat balapan berikutnya.

Hamilton juga menargetkan penghitungan Schumacher dari tujuh gelar dunia F1 tahun ini, setelah merebut mahkota juara keenamnya musim lalu. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
lewis hamilton,
#
grand prix spanyol,
#
hasil f1 2020,
#
f1 2020