MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Mercedes Hengkang dari Formula 1 Setelah 2021?

NOV 14, 2019@19:00 WIB | 187 Views

Ketua tim Mercedes, Toto Wolff, mengatakan bahwa tidak ada jaminan tim karya akan tetap berada di Formula 1 setelah 2021. Walaupun tak ada indikasi yang menunjukkan bahwa mereka akan keluar dari Formula 1, tapi Wolff pun belum dapat memastikan keberadaan mereka setelah 2021.

Dengan diskusi yang sedang berlangsung antara pemilik Mercedes dan Liberty Media (pemlik F1) mengenai ketentuan baru untuk kesepakatan hak komersial, Wolff mengatakan bahwa perusahaan induk Daimler sedang mempertimbangkan banyak aspek tentang kelanjutan keterlibatan Mercedes sebagai pemilik tim.

Di tengah masa sulit bagi produsen mobil karena kepindahan ke mobil listrik, Wolff mengakui proses pengambilan keputusan itu berjalan rumit.

Saat ditanya tentang apa yang terjadi pada Mercedes mulai 2021, Wolff mengatakan, "Semuanya menunjukkan bahwa kami akan bertahan. Tetapi itu tidak bisa dipastikan.”

"Kami sedang mendiskusikan perjanjian baru Concorde. Sehubungan dengan ini, kami sedang mendiskusikan pengembangan mobil dan pengaruhnya terhadap olahraga."

Saat menguraikan faktor-faktor apa yang berperan dalam pengambilan keputusan, Wolff mengatakan, "Ke arah mana dunia otomotif berkembang? Dalam bentuk apa Formula 1 relevan sebagai platform hiburan dan teknologi? Sebagai merek yang mobil pertamanya adalah mobil balap, apakah kita ingin tetap di platform ini untuk jangka panjang?”

"Ada Ferrari yang mengatakan 'Kami akan melakukannya selamanya. Kami membangun mobil balap dan kami membangun mobil jalanan'. Model lainnya mengatakan 'Kami telah memiliki kesuksesan. Tidak ada lagi yang bisa dibuktikan. Sekarang kami sedang melakukan sesuatu yang lain’. Keduanya benar-benar strategi yang masuk akal."

Sementara beberapa orang mengatakan bahwa keberhasilan Mercedes dalam memperebutkan gelar bisa membuat para pemimpinnya berpikir ada sedikit lagi yang bisa didapat jika bertahan di F1, Wolff melihatnya secara berbeda.

"Jika Anda melakukan survei hari ini untuk melihat tim Formula 1 mana yang paling sukses, kebanyakan orang akan mengatakan Ferrari," tegasnya. "Itu hanya karena Ferrari telah berada di garis depan dan kompetitif selama 50 tahun.”

"Saya pikir pada saat semuanya serba jangka pendek, sukses berkelanjutanlah yang membuat strategi ini jauh lebih kredibel. Kesuksesan juga bisa berfluktuasi pada waktu.”

"Tentu saja, sebagai sebuah merek yang terbiasa dengan kesuksesan, Anda harus bertahan dengan menjaga harapan Anda tetap realistis dan kalibrasi yang tidak dapat Anda menangkan setiap tahun. Itu tidak mudah.”

Mercedes yang telah melakukan penawaran pasokan mesin pelanggan ke McLaren, Racing Point dan Williams mulai 2021. Dengan melihat hal tersebut, Wolff mengatakan bahwa Mercedes tidak akan mungkin terus menyediakan unit daya jika merasa F1 tidak lagi sesuai dengan tujuannya.

"Kami memiliki empat tim yang disuplai, termasuk kami sendiri," katanya. "Kami dalam platform yang sama, dan saya tidak bisa memastikan apakah perubahan selanjutnya sesuai dengan tujuan kami.”[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
toto wolff,
#
mercedes,
#
f1