MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Lewis Hamilton Masuk Dalam Daftar Queen’s New Years Honours

DEC 31, 2020@19:00 WIB | 326 Views

Juara dunia Formula 1, Lewis Hamilton, dianugerahi gelar kebangsawanan dalam daftar Queen’s New Years Honours.

Hamilton merebut gelar dunia pembalap ketujuh di Grand Prix Turki pada bulan November untuk menyamai rekor sepanjang masa Michael Schumacher untuk kejuaraan dunia terbanyak dalam olahraga tersebut.

Pembalap Inggris berusia 35 tahun itu menjadi pembalap F1 pertama dalam sejarah kejuaraan yang menerima penghargaan tersebut saat masih aktif.

Dia bergabung dengan sesama juara dunia Sir Jack Brabham dan Sir Jackie Stewart untuk gelar kebangsawanan, sementara Sir Stirling Moss adalah satu-satunya pembalap F1 lain yang menerima penghargaan tersebut.

Hamilton sebelumnya diabaikan karena urusan pajak dan tinggal di Monaco sejak 2010 tetapi kehormatannya datang setelah Perdana Menteri Boris Johnson secara pribadi campur tangan dengan menempatkannya di 'Daftar Diplomatik dan Luar Negeri'.

Hal ini menyusul dukungan dari Motorsport UK dan All Party Parliamentary Group untuk F1 yang mendesak perdana menteri untuk mendukung gelar ksatria kepada Hamilton, yang termasuk di antara 5.000 pembayar pajak Inggris teratas meskipun tempat tinggal permanennya adalah Monaco.

Kehormatan ini datang dari tahun yang penting dan bersejarah bagi Hamilton, yang menambah gelar juara sebelumnya pada 2008, 2014, 2015, 2017, 2018 dan 2019 dengan memenangkan 10 dari 16 balapan yang ia ikuti di sepanjang musim 2020 yang terkena dampak virus corona.

Hamilton juga melampaui rekor Schumacher untuk kemenangan balapan terbanyak sebulan sebelum penobatan kejuaraannya dan mengakhiri tahun dengan 95 kemenangan atas namanya.

Di luar jalur, Hamilton menjadi yang terdepan dalam mendukung F1 untuk kesetaraan dan keragaman serta menjadi juru kampanye terkemuka dalam perang melawan rasisme, setelah mendukung gerakan Black Lives Matter.

Hamilton juga mendukung prakarsa pro-keberagaman yang diluncurkan oleh tim Mercedes-nya dan ikut mendirikan The Hamilton Commission dalam upaya membantu meningkatkan representasi etnis minoritas dalam olahraga balap mobil.

Hamilton juga bergabung dengan sesama olahragawan Inggris Sir Mo Farah dan Sir Andy Murray untuk menerima gelar ksatria saat masih aktif. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
juara dunia formula 1,
#
lewis hamilton,
#
f1 2021