MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Kubica - Saya Ada Untuk Jadi Yang Terbaik

DEC 05, 2017@20:00 WIB | 189 Views

Robert Kubica mengatakan "cerita tentang dirinya yang bagus" pada akhirnya tidak berpengaruh pada apakah Williams bakal memilih untuk merekrutnya secara penuh ke kursi balap pada tahun 2018. Kubica berkompetisi di Formula 1 dari tahun 2006 dan 2010 namun sebuah tabrakan serius di awal tahun 2011 membuatnya tidak mampu untuk melanjutkan balapan open seater tersebut, karena mengalami luka parah di lengan kanannya.



Kubica membangun kembali karirnya di ajang reli, meraih gelar jawara WRC2 2013, dan mendirikan timnya sendiri dari tahun 2014 sampai awal 2016, untuk bersaing di WRC. Pebalap asal Polandia tersebut mengalihkan fokusnya ke balap sirkuit, berpartisipasi dalam Mugello 12 Hours, pada kelas Renault Sport Trophy, dan bermaksud berpartisipasi di kejuaran WEC bersama ByKolles, sebelum akhirnya menarik diri.



Kubica sejak itu menjajaki kemungkinan kembalinya Formula 1, menguji enam kali mobil F1, tiga terakhir dengan Williams, terakhir di Abu Dhabi pekan lalu, diatas mobil 2017-spec FW40. Sambil menyadari bahwa jalannya untuk comeback saat ini menarik perhatian publik - dan publisitas yang luas - Kubica menegaskan bahwa ini bukanlah aspek yang akan mempengaruhi keputusan Williams 2018.

"Banyak hal yang ditulis, dari apa yang saya bicarakan belakangan, ini normal karena ada banyak tanda tanya, dan setiap orang memiliki pendapat sendiri," jelas Kubica. "Saya pikir ada banyak orang yang ingin atau melihat saya kembali karena cerita tersebut.

"Pada akhirnya meski ceritanya bagus tapi tidak ada diskon untuk itu, dan saya harus memastikan jika mendapatkan kesempatan, saya harus siap seperti yang biasa saya lakukan jika ada prospek akan datang. "Saya menghargai itu [dukungan] karena saya pikir ada banyak harapan, ada banyak keinginan orang." Tapi pada akhirnya saya tahu bagaimana realita, dan kenyataannya seperti ini: begitu saya berada di mobil tidak ada cerita lagi, hanya saya dengan mobil, dengan tim dan ada pekerjaan yang harus dilakukan. "

Kubica, juga bercanda bahwa "Anda berbicara dengan orang yang memiliki kesulitan untuk berbahagia meskipun dia berada di podium", menekankan bahwa dia yakin akan bersaing pada tingkat tinggi. "Yang pasti setiap hari [di mobil Formula 1] memberi saya cukup banyak keyakinan bahwa segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik," katanya.

"Dan standar buat saya tak hanya 'cukup baik' namun harus ada di peringkat tinggi." Jika saya kembali, saya tidak ada di sini untuk hanya untuk meraih sebuah angka, saya harus memastikan walaupun saya membalap tujuh tahun lagi dengan keterbatasan saya, saya akan dapat memberikan potensi terbaik saya dan menjadi Robert Kubica terbaik yang saya tahu.

"F1 adalah dunia yang istimewa tapi begitu Anda memakai helm, segalanya akan hilang, jadi Anda harus berada dalam posisi untuk menghasilkan." [bil/timBX]

Tags :

#
blackauto,
#
autonews,
#
formula 1