MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Jelang Musim 2020, Lando Norris Ingin Lupakan Hasil Buruk

DEC 30, 2019@15:45 WIB | 160 Views

Lando Norris mengatakan dia tidak akan memikirkan peluang-peluang penting yang terlewatkan. Menurutnya masalah keandalan yang seharusnya bisa membuat musim rookie-nya di Formula 1 bersama McLaren lebih baik.

Pebalap asal Inggris itu mengakhiri musim perdananya di F1 di luar 10 besar, kalah dari Sergio Perez (Racing Point) dengan raihan 3 poin di klasemen akhir. Sementara rekan setimnya (Carlos Sainz) finis ke-6 dan mendapatkan poin dua kali lipat.

Pebalap berusia 20 tahun itu menjadi salah satu pebalap yang mengalami masalah keandalan pada 2019.

Selama Grand Prix Kanada, Norris mengalami kegagalan suspensi awal, sementara di Prancis, rookie F1 itu mengalami masalah hidrolika yang membuatnya gagal finis 7 besar.

Bisa dibilang masalah mekanik terburuknya terjadi di Grand Prix Belgia ketika ia mengalami kehilangan daya pada putaran terakhir, dia nyaris finis ke-5 dalam balapan sekaligus menjadi hasil terbaik di Formula 1.

“Awalnya saya tidak merasa terlalu terganggu dan kemudian saya memiliki Paul Ricard, Kanada, dan Spa. Lalu saya merasa agak kesal karena itu (kendala) terjadi lebih sering,” kata Lando Norris.

“Saya punya potensi lebih banyak dan sampai pada titik tertentu, saya sadar ini bukan masalah sebagai pemula, tetapi lebih pada hal teknis. Hal itu tidak bisa saya atasi sendiri.

"Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah memaafkan tetapi selanjutnya ada banyak hal merugikan. Di Spa, itu bisa menjadi hasil terbaik saya dan kemudian di Meksiko dengan pit stop, itu adalah kondisi yang buruk.”

Saat mengetahui bahwa ia dapat dengan mudah menyelesaikan musim ini di tempat ke-9, mengingat hanya 5 poin yang memisahkannya dari Daniel Ricciardo (pebalap Renault) pada akhir 2019, Norris menerima bahwa ia harus memulihkan mentalitas karena harapan dan targetnya meningkat untuk musim kedua di Formula 1.

"Ketika saya melihat ke belakang, hal itu telah memengaruhi banyak hal dan poin dalam kejuaraan, banyak hal di luar kendali saya dan beberapa hal yang tidak dapat saya ubah," katanya.

"Itu adalah sesuatu yang harus saya lupakan dan masuki tahun depan, saya harus lebih positif.”[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
lando norris