MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: HUT Grand Prix F1 ke-70: Mercedes Bermasalah, Verstappen Berjaya

AUG 10, 2020@15:00 WIB | 182 Views

Max Verstappen yang merupakan pembalap utama tim Red Bull, sukses memberi kejutan pada balapan kedua di sirkuit Silverstone, sekaligus menjadi pemenang dalam acara HUT Grand Prix F1 ke-70 pada Minggu malam (9/8/2020).

Start dari posisi keempat, pembalap asal Belgia itu sukses finish di podium utama dengan raihan waktu 1 jam 19 menit 41,993 detik, sekaligus unggul atas duo Mercedes (Lewis Hamilton dan Valteri Bottas).

Kemenangan ini pun menjadi yang pertama kali bagi Verstappen dalam mengikuti ajang Formula 1 untuk tahun ini.

Sedangkan sang juara dunia Lewis Hamilton harus puas menjadi runner-up pada balapan kali ini, dengan selisih waktu hingga 11, 326 detik dari podium utama. Kemudian rekan setimnya, Bottas, melengkapi podium tiga besar.

Di sisi lain, Sebastian Vettel yang kontraknya akan berakhir tahun ini bersama Ferrari, finish di posisi 12 dan hal itu menunjukkan bagaimana dia kesulitan bersama tim Scuderia dalam beberapa tahun terakhir.

Kemenangan tadi malam menjadi ‘berkah’ bagi Verstappen, karena selain memenangkan balapan, dia juga naik ke posisi kedua klasemen dan menggeser posisi Bottas dengan raihan 77 poin.

Dalam persiapan balapan, Verstappen memulai dengan ban hard sementara Mercedes menggunakan ban medium yang lebih cepat, tetapi Hamilton dan Bottas tidak bisa menggeser posisi sang pembalap Red Bull.

Melihat cuaca ekstrim, Bottas dan Hamilton pun memutuskan mengganti ban hard setelah 13 dan 14 lap masing-masing, sementara Verstappen masih unggul di lap 27. Dan benar saja, Verstappen mamp menunjukkan konsistensi sampai garis finish, dan hal itu dianggap sebagai ketepatan dalam strategi pemilihan ban.

“Kami memiliki malam yang luar biasa, ini semua berkat strategi yang tepat,” kata pemenang balapan HUT Grand Prix F1 ke-70 tersebut.

“Saya dan tim berbicara banyak sebelumnya, dan melihat bagaimana kondisi cuaca dan juga lintasan, dan tim menganalisi bahwa ban yang lebih keras cocok untuk memulai balapan kali ini. Saya percaya pada tim dan kami melakukan beberapa tes, hasilnya luar biasa.”

Di sisi lain, Bottas yang gagal merebut posisi runner-up, mengatakan: “Saya stress, saya memulai balapan dari posisi terdepan dan tiga besar bukan hal yang cukup baik mengemudikan mobil ini. Strategi kami tidak ideal, tapi saya masih punya peluang untuk menunjukkan perbedaan sampai akhir musim.” [dhe/asl/timBX]

Tags :

#
hut grand prix f1,
#
max verstappen,
#
hut grand prix f1 ke-70,
#
pembalap f1 tim red bull