MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Honda Soroti Masalah Kecepatan Ferrari di Grand Prix Amerika

NOV 08, 2019@18:00 WIB | 745 Views

Direktur teknis Honda F1, Toyoharu Tanabe, mengatakan bahwa Ferrari memiliki kendala dalam hal kecepatan di Grand Prix Amerika Serikat, tetapi ia tidak ingin menarik kesimpulan lebih lanjut.

Ferrari masih belum bisa menjelaskan kenapa mobilnya tidak cukup cepat saat balapan akhir pekan lalu (3/11/2019), tetapi mereka berdalih bahwa hal itu disebabkan oleh arahan teknis FIA mengenai legalitas aliran bahan bakar.

Charles Leclerc menjalankan mobil Ferrari dengan spesifikasi mesin yang lebih tinggi, jarak tempuh lebih besar di kualifikasi. Mattia Binotto, ketua tim Ferrari mengatakan percobaan set-up juga mengurangi kecepatan maksimum.

Apa pun alasannya, Tanabe mengatakan bahwa kinerja Ferrari di trek lurus tidak sekuat Red Bull-Honda.

"Kami tidak dapat memisahkan masalah sasis dan kinerja mesin," kata Tanabe. "Ketika kami hanya fokus pada kecepatan, jarak antara Ferrari dan kami lebih dekat dibandingkan balapan sebelumnya.”

"Itu sangat jelas tetapi kami tidak tahu apakah itu hanya berasal dari mesin atau sasis. Kecepatan (balapan) mereka tidak lebih baik dari balapan sebelumnya. Itu bisa berarti ada paket berbeda atau tidak ada kesesuaian dengan trek ini.”

Kontroversi seputar arahan teknis merupakan hasil dari penyelidikan Red Bull dan FIA tentang sistem sensor aliran bahan bakar, dan memiliki kemungkinan untuk mengubah aturan demi peningkatan daya.

Red Bull telah meminta klarifikasi kepada FIA tentang penyaringan sensor meter bahan bakar. Diberitahu bahwa tiga skenario yang telah digariskan tidak akan sah, yang artinya telah disampaikan aturan tersebut dalam bentuk arahan teknis.

Para pembalap seperti Verstappen dan Lewis Hamilton dikait-kaitkan dengan penurunan kinerja Ferrari terhadap tanggapan FIA. Akan tetapi Tanabe memperingatkan agar semua pihak tidak menarik kesimpulan dari hasil satu balapan saja.

"Kami perlu memiliki data dari Brasil dan Abu Dhabi," kata Tanabe. "Maka kami akan menemukan sesuatu. Kalau tidak, kami tidak bisa membuat pernyataan tentang satu balapan.”

”Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan kami masih memiliki sisa balapan, jadi mungkin akhir pekan berikutnya, bisa mencerminkan bagaimana Formula 1 berjalan di musim depan.”[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
honda,
#
grand prix amerika serikat