MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Gagal Capai Kesepakatan dengan McLaren, Renault ‘Santai’?

OCT 10, 2019@09:00 WIB | 236 Views

Cyril Abiteboul menegaskan bahwa perpisahan dengan McLaren sebagai pemasok mesin Renault Formula 1 tidak akan terlalu berpengaruh pada pabrikan Prancis tersebut. 

McLaren membuat pengumuman jelang Grand Prix Rusia bahwa mereka akan memutuskan kerja sama dengan Renault pada akhir musim 2020 untuk kembali ke unit-unit listrik Mercedes, yang dimulai pada musim 2021.

Keputusan untuk mengakhiri kerja sama sesuai dengan apa yang tertera pada kontrak dan habis musim depan. Hal tersebut membuat Renault tidal memiliki pemasok menuju era baru Formula 1.

Meskipun mengalami kemunduran, Abiteboul menegaskan bahwa Renault dalam posisi yang cukup kuat untuk membuat langkah selanjutnya.

"Saya pikir kami memiliki kekuatan berdasarkan pendekatan terhadap kemitraan," kata Abiteboul.

"Jadi memang tanpa itu (kemitraan), kami lebih lemah dari yang seharusnya. Dan ini seperti peluang yang dihilangkan. Tetapi itu tidak akan terlalu berpengaruh dari posisi kami saat ini.”

“Saat ini tidak ada yang terjadi antara kami dan McLaren terkait pembahasan terakhir, jadi tidak ada perubahan atau peningkatan, juga tidak ada degradasi.”

"Kami hanya perlu menyatukan tindakan dan terus bekerja dengan cara yang biasa. Kecuali apa yang kami usulkan untuk McLaren tidak seperti biasanya, kami lebih berpikiran terbuka tentang cara tim dalam hal bekerja sama.”

“Kami telah melihat contoh yang dimiliki Haas dan Ferrari, sangatlah fantastis. Dan tampaknya mereka berhasil membuat segalanya bekerja, dan itu adalah contoh kolaborasi yang berbeda antara dua tim.”

"Jadi itu seperti sesuatu yang hilang bagi kami, tetapi kami juga tahu apa yang harus dilakukan dan sepenuhnya siap untuk bisa melangkah sebagai tim mandiri dalam semua aspek."

Membahas apa yang dicari Renault dari sebuah kolaborasi, Abiteboul menjawab, "Kami tidak tertarik pada hubungan yang tidak membawa sesuatu ke dalam tim, misalnya dari perspektif ekonomi. Itu tidak membawa apa pun.”

“Dari perspektif pemasaran dan komunikasi, memang lebih negatif daripada positif, tapi kami punya alasan kuat terutama saat meninjau setiap tawaran yang datang.”

“Kami punya serangkaian ambisi tertentu dan juga kami memiliki kepercayaan pada teknologi baru yang telah kami mulai kembangkan untuk 2021.”[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
mclaren,
#
renault