MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Fokus di Formula 1 - Renault Bakal Tinggalkan Formula E

NOV 11, 2017@14:00 WIB | 188 Views

Meskipun tim Renault berhasil meraih kesuksesan bersama e.dams dengan tiga gelar juara tim dalam tiga musim pada awal kiprahnya di Formula E. Namun mereka memutuskan untuk mengalihkan operasional di kejuaraan mobil elektrik itu pada Nissan mulai musim 2018/2019.

Alasan utama Renault meninggalkan Formula E disebabkan mereka ingin memfokuskan sebuah agresi di kejuaraan Formula 1. Keputusan ini dibuat bukan untuk memastikan lebih banyak uang yang difokuskan ke F1, tapi untuk fokus internal perusahaan yang sepenuhnya ditempatkan pada tim yang bermarkas di Enstone tersebut.

"Saya pikir ini lebih penting bagi perspektif perusahaan, untuk mendapatkan fokus," ujarnya pada Motorsport.com. "Ini bukanlah masalah sumber daya, karena sejujurnya kami mampu dari sudut pandang keuangan untuk terlibat di dua kejuaraan. Ini lebih pada sudut pandang strategis, dan pemasaran.

"Kami berada di F1 dan kami mencintai olahraga ini, tapi kami juga dalam olahraga ini untuk satu alasan, proyek pemasaran. Jadi penting untuk membuat pernyataan besar tentang fokus secara internal, tapi juga secara internal di segala pasar Renault yang kami giatkan.

"Kami memiliki beragam opsi saat akan aktif di ajang balapan, dan penting untuk memiliki semua orang di belakang dan mendukung proyek F1. Itu penting, terutama pada saat ini dalam kejuaraan.

"Dan juga tiba di waktu yang bersamaan, secara pararel, Nissan memutuskan untuk bergabung [di Formula E]. Jadi itu menciptakan kesempatan fantasti bagi aliansi untuk memutuskan transisi yang mulus dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya."

Renault saat ini menempati posisi tujuh klasemen konstruktor F1, tertinggal lima poin di belakang Toro Rosso dengan dua balapan tersisa. Meski mengalami perbaikan performa tahun ini, pabrikan Perancis itu masih mengalami beberapa masalah reliabilitas, yang menghalangi mereka untuk meraih hasil lebih baik lagi musim ini. Renault memasang target jangka panjang, yaitu dapat bertarung untuk kemenangan dan gelar pada tahun 2020. [yus/timBX]

Tags :

#
formula e,
#
renault formula e,
#
renault,
#
blackauto,
#
autonews