MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: FIA Tegaskan 10 Kasus Virus Corona Tidak Menghentikan Balapan F1

MAY 26, 2020@13:54 WIB | 103 Views

FIA yakin akan dapat mengelola kasus positif virus corona yang muncul di paddock setelah musim Formula 1 dilanjutkan, menghindari perlunya membatalkan balapan.

Grand Prix Australia dibatalkan hanya dua jam sebelum sesi latihan dimulai setelah seorang karyawan McLaren dinyatakan positif Covid-19. Sembilan balapan selanjutnya telah dibatalkan, dengan rencana sekarang untuk menciptakan ‘biosfer’ di berbagai acara untuk memulai musim, dimulai dengan Grand Prix Austria pada awal Juli.

FIA mengadakan pertemuan untuk membahas protokol untuk menjalankan acara minggu ini, yang akan mencakup personel paddock sedang menguji Covid-19 setiap hari.

Presiden komisi medis FIA, Gerard Saillant, yakin setiap hasil tes Covid-19 yang positif dapat ditangani dengan cara berbeda sehingga tidak perlu ada pembatalan balapan seperti di Australia. "Saya pikir situasinya sangat berbeda antara Melbourne dan sekarang, karena pengetahuan tentang virus sangat berbeda. Yakni mungkin untuk mencegah dan mengantisipasi banyak hal," kata Saillant kepada Sky Sports F1.

"Jika kita memiliki satu kasus positif, atau mungkin 10 kasus positif, adalah mungkin untuk mengelola dengan sempurna dengan jalur khusus untuk kasus positif. Secara medis, itu bukan masalah."

Tetapi Saillant mengakui akan ada konsekuensi yang lebih luas dalam bagaimana F1 dirasakan seandainya ada sejumlah besar kasus positif, yang dapat memaksa tindakan tertentu diambil.

"Dalam hal olahraga dan konsekuensi media, ini sangat berbeda," katanya. "Kita harus mencoba dan mengantisipasi itu, untuk mengetahui di mana garis yang tepat di luar itu tidak mungkin untuk dilanjutkan. Tapi saya pikir itu bukan masalah bagi kita sekarang."

Presiden FIA Jean Todt menambahkan bahwa dia ingin menghindari terulangnya bagaimana peristiwa meningkat di Australia.

"Kami ingin memastikan bahwa tiba di acara pertama pada kalender 2020, kami tidak menghadapi situasi tak terduga lainnya," kata Todt. "Pakar kami sedang mengerjakan itu."

F1 sedang berupaya memulai musim dengan balapan beruntun di Austria pada 5 Juli dan 12 Juli 2020, mengakhiri istirahat tujuh bulan tanpa grand prix.

Silverstone bertujuan untuk menjadi tuan rumah dua grand prix pada akhir Juli dan awal Agustus, tetapi rencananya masuk dalam keraguan setelah pemerintah Inggris mengkonfirmasi F1 tidak akan dibebaskan dari pedoman baru karantina.

F1 masih berencana untuk mengadakan antara 15 dan 18 balapan tahun ini, menyelesaikan musim pada pertengahan Desember. Yakni mungkin untuk mencegah dan mengantisipasi banyak hal. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
fia,
#
f1,
#
grand prix australia,
#
gerard saillant