MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: FIA Konfirmasi Bertambahnya Durasi Penundaaan Formula 1 Musim 2020

APR 10, 2020@11:30 WIB | 99 Views

FIA telah mengkonfirmasi penutupan wajib untuk semua tim Formula 1 (F1) karena pandemi COVID-19 telah diperpanjang.

Setelah delapan balapan pembuka musim 2020 dibatalkan, tim F1 sepakat bulan lalu untuk membawa periode shutdown bulan Agustus yang biasa dibatalkan agar balapan dapat dijadwal ulang.

Sejumlah tim sudah memulai shutdown mereka - karena tiga minggu terakhir - tetapi ini akan diperpanjang sekarang menjadi lima minggu setelah pertemuan antara pejabat F1 pada hari Senin (6/4/2020). 

"Mengikuti persetujuan dengan suara bulat oleh Grup Strategi Formula 1, Komisi dan semua tim, Dewan Olahraga Motor Dunia telah meratifikasi dengan memilih secara elektronik keputusan untuk memperpanjang periode penutupan Formula 1 dari 21 menjadi 35 hari, yang akan diambil pada bulan Maret, April dan/atau Mei, untuk semua pesaing dan produsen unit daya," pernyataan dari FIA.

"Diskusi lebih lanjut mengenai topik ini tetap terbuka antara FIA, Formula 1 dan semua tim mengingat dampak global yang sedang berlangsung dari COVID-19."

Shutdown juga telah diluncurkan untuk memasukkan produsen mesin, yang sebelumnya dikecualikan berdasarkan peraturan.

Mercedes telah menggunakan kembali fasilitas mesinnya untuk menghasilkan alat bantu pernapasan yang akan digunakan untuk membantu pasien COVID-19.

Keputusan itu muncul ketika sejumlah negara menerapkan protokol lockdown, meminta warga untuk tetap di rumah kecuali untuk semua perjalanan penting atau untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari.

Beberapa tim F1 yang bermarkas di Inggris sudah mulai memangkas pekerja selama waktu istirahat tanpa balapan, sementara F1 sendiri juga telah memangkas sekitar setengah dari stafnya.

Balapan F1 tercepat yang belum ditunda adalah Grand Prix Kanada, dijadwalkan untuk 14 Juni 2020, tetapi keraguan masih ada tentang kemungkinan jalannya acara karena krisis global menunjukkan sedikit tanda-tanda yang mereda.

Masa depan Grand Prix Inggris, yang dijadwalkan 19 Juli 2020, akan diputuskan pada akhir bulan April.

Para pejabat F1 tetap berharap mendapatkan musim 15-18 balapan berlangsung di musim panas, tetapi kemungkinan seperti memperpanjang musim ke 2021 sudah dipertimbangkan. [Dhe/Asl/timBX]

Tags :

#
fia,
#
fi musim 2020,
#
grup strategi f1,
#
masa penundaan f1