MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Aston Martin Bakal Jadi Pemasok Safety Car F1 di Tahun 2021

NOV 19, 2020@08:30 WIB | 214 Views

F1 akan memiliki Safety Car baru pada balapan tahun depan dengan Aston Martin dilaporkan akan berbagi tugas dengan Mercedes. Safety Car telah dipasok secara eksklusif oleh pabrikan Jerman sejak tahun 1996, dengan model saat ini adalah Mercedes-AMG GT R.

Tetapi beberapa kabar mengungkapkan bahwa meskipun belum ada keputusan akhir yang dibuat, tampaknya Concorde Agreement baru, yang akan berlaku pada tahun 2021, telah membuka pintu untuk perubahan terkait penyediaan Safety Car. 

Laporan tersebut mengatakan bahwa sementara Mercedes akan terus memainkan peran utama, yang akan mencakup penyediaan mobil medis F1, pembicaraan sedang berlangsung tentang pengaturan yang direvisi yang mungkin akan mengakibatkan tanggung jawab Safety Car dibagikan dengan Aston Martin.

Kemungkinan itu, yang dapat membuat ketentuan Safety Car dibagi hampir sama antara kedua pabrikan mobil sepanjang musim, akan membantu berbagi beban keuangan antara kedua perusahaan karena F1 memperluas jadwal berisi 23 balapan.

Mercedes dan Aston Martin semakin dekat selama 12 bulan terakhir, setelah mencapai kesepakatan tentang perjanjian kepemilikan saham dan kerjasama teknis yang lebih erat.

Baru-baru ini diumumkan bahwa Mercedes akan meningkatkan kepemilikannya di Aston Martin menjadi 20%, sekaligus memberikan akses ke berbagai teknologi mereka termasuk powertrain dan arsitektur listrik/elektronik.

Kepala tim Mercedes Toto Wolff juga memiliki saham pribadi di Aston Martin dan merupakan teman dekat pemegang saham terbesar pabrikan mobil yaitu Lawrence Stroll.

Tahun depan, Aston Martin kembali ke Formula 1 dengan tim kerja mereka sendiri saat mereka mengambil alih hak penamaan untuk operasi Racing Point.

Stroll ingin menggunakan manfaat pemasaran dari olahraga tersebut untuk membantu meningkatkan penjualan mobil jalan raya Aston Martin saat mereka memulai pembaruan operasi yang ambisius setelah beberapa tahun masa sulit.

Safety Car saat ini adalah yang tercepat dalam sejarah Formula 1, yang telah ditingkatkan versinya sejak awal musim 2018.

Mesin 4.0 liter V8 twin-turbo menghasilkan 585hp dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 198mph. Safety Car ini dikemudikan oleh Bernd Maylander, pria Jerman berusia 49 tahun, sejak tahun 2000 di setiap balapan.

Mobil medis Mercedes adalah AMG C 63 S Estate yang dikendarai oleh Alan van der Merwe, pria Afrika Selatan berusia 40 tahun yang memenangkan British Formula 3 Championship pada tahun 2003 dan merupakan mantan test-driver F1 untuk BAR. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aston martin,
#
safety car f1,
#
f1 2021,
#
mercedes-amg gt r